PERENCANAAN SISTEM DRAINASE PADA PENGEMBANGAN BANDARA AHMAD YANI SEMARANG

Ahmad Ali Kafi, Yonatan heriyanto, Suseso Darsono, Dwi Kurniani

Abstract


Semarang adalah salah satu kota metropolitan yang padat penduduk di Indonesia. Dengan banyaknya penduduk Kota Semarang, menyebabkan tingginya kebutuhan akan transportasi massal salah satunya adalah pesawat terbang. Pemerintah Kota Semarang bersama Angkasa Pura 1 berusaha memenuhi kebutuhan tersebut dengan membangun terminal bandara baru. Bandara yang baik harus dilengkapi dengan fasilitas utama, fasilitas penunjang, dan fasilitas keamanan dan keselamatan. Salah satu fasilitas keamanan dan keselamatan yang harus ada di bandara adalah sistem drainase.

 

Perencanaan sistem drainase ini meliputi perencanaan saluran drainase, kolam detensi, dan stasiun pompa. Sistem drainase direncanakan secara gravitasi menggunakan 1 buah saluran primer trapesium dengan dimensi lebar 5 m dan tinggi 1,5 m dengan kemiringan lereng 1:2, saluran sekunder menggunakan U – Ditch berukuran 0,6 x 0,6 m, saluran tersier menggunakan U – Ditch berukuran 0,5 x 0,5 m dan pipa manhole dengan dimensi 0,6 x 0,6 m.

 

Perhitungan debit banjir rencana menggunakan pemodelan HEC HMS versi 4.1 untuk periode ulang 100 tahun dengan hasil sebesar 13,5 m3/detik. Perencanaan kolam detensi disesuaikan dengan kondisi eksisting yaitu menggunakan 4 buah kolam dengan volume kolam 1, 2, 3, dan 4 sebesar 4137,93, 4429,94, 187470,51, dan 56785,09 m3. Berdasarkan debit banjir rencana dan luas kolam detensi, outlet kolam 3 direncanakan menggunakan 1 buah pompa dengan kapasitas pompa sebesar 3 m3/s sementara outlet kolam 4 menggunakan 3 dengan kapasitas tiap pompa 3 m3/s. Perencanaan saluran drainase dianalisis menggunakan HEC-RAS versi 5.0.1 sehingga menghasilkan dimensi saluran yang dapat menampung debit air rencana.


Keywords


Bandara Ahmad Yani; Sistem Drainase; Kolam Detensi; Pompa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.