skip to main content

PERENCANAAN FLY OVER SIMPANG PELABUHAN PANJANG BANDAR LAMPUNG DENGAN PC-U GIRDER

*Bagus Fadhil Khairi  -  Departemen Teknik Sipil, Indonesia
Johan Elbert A  -  Departemen Teknik Sipil, Indonesia
Himawan Indarto  -  Departemen Teknik Sipil, Indonesia
Indrastono Dwi Atmojo  -  Departemen Teknik Sipil, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Perkembangan sosial dan ekonomi di Kecamatan Panjang Bandar Lampung Provinsi Lampung akan menyebabkan mobilitas penduduk sekitar menjadi sangat tinggi untuk memenuhi kebutuhan mereka. Tingginya mobilitas penduduk di sekitar ditambah dengan adanya persimpangan antara dua jalan menyebabkan kemacetan. Untuk mengatasi kemacetan pada jalan Yos Sudarso kecamatan Lampung Provinsi Bandar Lampung dilakukan dengan pembangunan jalan layang (fly over).

 

Jalan layang ini memiliki bentang 35.8 m, memiliki lebar jalan 14.1 m terbagi menjadi 2 lajur lalu lintas dengan masing-masing lebar lajur lalu lintas 3.5 m dan lebar masing-masing trotoar pada sisi kanan dan kiri jalan layang 1 m. Konstruksi atas dari jalan layang terdiri dari : pelat lantai, balok diafragma, deck slab, dan balok prategang. Sedangkan konstruksi bawah terdiri dari : abutment, pilar dan pondasi. Bangunan pelengkap terdiri dari elastomeric bearing, pelat injak dan wingwall.

 

Konstruksi pelat lantai terbuat dari beton bertulang dengan tebal 20 cm. balok diafragma menggunakan beton bertulang dengan ukuran tebal 20 cm tinggi 950 cm. Terdapat dua tipe deck slab yaitu inner deck slab dan outer deck slab. Balok prategang menggunakan precast concert tipe U (PC-U) girder dan untuk tendon menggunakan tipe kawat seven wire strand dengan jumlah 8 tendon. Konstruksi bawah meliputi abutment, pilar dan pondasi terbuat dari beton bertulang. Pondasi menggunakan tiang pancang dengan diameter 0.6 m dan kedalaman 36 m. 

 

Fulltext View|Download
Keywords: Jalan layang, Bandar Lampung, persimpangan; balok prategang; precast concert; tendon

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.