skip to main content

REDESAIN STRUKTUR GEDUNG KULIAH UMUM FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS DIPONEGORO MENGGUNAKAN KONSTRUKSI BAJA BERDASARKAN SNI 1729-2015 DAN SNI 7972-2013

*Maulin Dwi Septyani Putri  -  Departemen Teknik Sipil, Indonesia
Gunawan Edi Wibowo  -  Departemen Teknik Sipil, Indonesia
Sri Tudjono  -  Departemen Teknik Sipil, Indonesia
Hardi Wibowo  -  Departemen Teknik Sipil, Indonesia
Hardi Wibowo  -  Departemen Teknik Sipil, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Struktur Gedung Kuliah Umum Fakultas Teknik Universitas Diponegoro ini dirancang menggunakan struktur baja dengan metode perencanaan Struktur Rangka Pemikul Momen Khusus (SRPMK). Pedoman utama dalam perencanaan mengacu pada SNI 1729-2015 Baja, SNI 7972-2013 Sambungan Terprakualifikasi dan SNI 1726-2012 Gempa.

Pemodelan struktur dirancang dengan menggunakan software Structure Analysis Program  (SAP 2000) dan AutoCad. Pemilihan profil awal dilakukan berdasarkan ukuran profil yang tersedia dipasaran. Kemudian setiap elemen dan profil dihitung berdasarkan gaya-gaya dalam yang harus dipikul. Begitu pula dengan sambungan-sambungan baik sambungan las maupun baut. Digunakan sendi plastis dengan tipe Penampang Balok Tereduksi untuk desain ketahanan terhadap gaya gempa.

Hasil dari perhitungan menunjukkan bahwa struktur Gedung Kuliah Umum dengan menggunakan struktur baja aman secara analitis.

 

Fulltext View|Download
Keywords: SRPMK, Struktur Baja; Penampang Balok Tereduksi

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.