KAJIAN SISTEM DRAINASE PATUKANGAN-PEGULON KABUPATEN KENDAL

*Josua Italiano  -  Departemen Teknik Sipil, Indonesia
Bustan Fadhilsyah Rasyid  -  Departemen Teknik Sipil, Indonesia
Dwi Kurniani  -  Departemen Teknik Sipil, Indonesia
Sugiyanto Sugiyanto  -  Departemen Teknik Sipil, Indonesia
Published: 10 Jul 2017.
View
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Statistics: 83 49
Abstract

Kecamatan Patukangan – Pegulon adalah kawasan indsutri dan perumahan yang berada di pusat Kota Kendal. Permasalahan banjir menyebabkan potensi ekonomi, sosial, dan lingkungan tidak dapat berkembang. Sistem draianse yang tepat adalah salah satu alternatif untuk menanggulangi permasalahan banjir di wilayah Kecamatan Patukangan – Pegulon. Kajian sistem drainase meliputi perencanaan ulang dimensi saluran, pintu air, dan sistem pipa – pompa.

Data curah hujan yang digunakan untuk Sungai Kendal adalah data curah hujan dari tahun 2000 sampai 2015 dengan menggunakan stasiun hujan Sedayu, Karangtengah, dan Kedugsari. Analisis debit banjir di Sungai Kendal menggunakan metode HSS Nakayasu dengan periode ulang 20 tahun dan diperoleh debit banjir sebesar 68,19 m3/s.. Analisis pengaruh backwater dari Laut Jawa menggunakan metode tahapan langsung. Pengaruh backwater hanya sampai pada jarak 5543,88  meter dari muara sungai. Jarak outlet saluran drainase dari muara sungai adalah 6096 meter, sehingga titik outlet tidak terpengaruh backwater.

Debit banjir rencana pada saluran drainase didapatkan dengan rumus Mononobe dengan periode ulang 5 tahun dan diperoleh debit banjir rencana sebesar 4,8 m3/s. Berdasar debit banjir rencana ini, dimensi saluran drainase yang baru adalah : 1,0 x 1,0 m ; 0,9 x 0,7 m ; 0,7 x 0,7 m ; 0,8 x 0,7 m ; 1,6 x 1,5 m ; 1,0 x 0,7 m ; dan 1,3 x 1,0 m. Pintu air direncanakan pada titik outlet saluran karena elevasi muka air Sungai Kendal lebih tinggi dibandingkan elevasi muka air di saluran drainase, dengan elevasi muka air Sungai Kendal + 5,9 m dan elevasi muka air saluran drainase adalah + 4,63 m. Dimensi pintu air yang direncanakan adalah 1,6 x 1,5 m. Sistem pipa - pompa direncanakan berjumlah 3 buah dengan kapasitas tiap pompa adalah 2,0 m3/s dan diameter pipa adalah 0,5 m.

Keywords: banjir, saluran drainase, pintu air, sistem pipa - pompa.

Article Metrics: