skip to main content

PERENCANAAN EMBUNG SIDOMULIH KABUPATEN BANYUMAS JAWA TENGAH

*Utomo Aryowibowo  -  Departemen Teknik Sipil, Indonesia
Hendra Setiawan  -  Departemen Teknik Sipil, Indonesia
Hari Nugroho  -  Departemen Teknik Sipil, Indonesia
Priyo Nugroho  -  Departemen Teknik Sipil, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Kebutuhan air irigasi dan air baku di Desa Sidomulih, Kabupaten Banyumas semakin meningkat sejalan dengan pertumbuhan penduduk. Kebutuhan air baku selama ini diperoleh dari air sumur dan mata air sedangkan untuk kebutuhan irigasi menggunakan pola tadah hujan. Untuk itu Pemerintah dalam hal ini Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Provinsi Jawa Tengah berupaya mengembangkan sumber air baru dengan membangun Embung Sidomulih. Sebagai suatu tampungan air pada musim hujan, embung diharapkan dapat memenuhi kebutuhan air pada musim kemarau.

Tugas akhir ini didasarkan pada beberapa metode yang saling melengkapi. Metode pertama adalah analisis hidrologi yang termasuk analisis kapasitas tampungan dilakukan dengan simulasi. Analisis hidrologi lainnya adalah analisis debit banjir menggunakan Metode HSS Gamma I, analisis debit andalan menggunakan metode F.J Mock, analisis kebutuhan air dan analisis neraca air. Tahap terakhir adalah perencanaan pembangunan embung.

Hasil perencanaan Embung Sidomulih mempunyai kapasitas tampungan 124.525,66  m3. Embung direncanakan akan dibangun setinggi 13,90 m, lebar efektif  53 m, dan debit banjir dengan periode ulang 50 tahun sebesar 15,21 m3/dt. Konstruksi embung dibangun menggunakan urugan tanah dengan estimasi biaya Rp. 6.251.246.000,00 (Enam Milyar Dua Ratus Lima Puluh Satu Juta Dua Ratus Empat Puluh Enam Ribu Rupiah).

Fulltext View|Download
Keywords: Embung Sidomulih; Kebutuhan Air; Debit Andalan

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.