skip to main content

Pemahahaman Isi Majalah Promosi Kesehatan Rumah Sakit I Care SMC RS Tlogorejo dengan pengetahuan kesehatan bagi pengunjung rumah sakit

*Besar Tirto Husodo  -  , Indonesia
Published: 1 Nov 2019.

Citation Format:
Abstract

Pemahaman isi media pada majalah merupakan kemampuan menyerap isi pesan dan melakukan perubahan perilaku sesuai dengan isi majalah. Majalah memberikan informasi tentang perubahan, bagaimana hal itu bekerja dan hasil yang dicapai atau yang akan dicapai. Majalah berfungsi memberikan informasi pada kepentingan yang menyebarluas dan mengiklankan produk. Majalah mempunyai ciri khas yaitu tidak ditujukan pada kontak perseorangan, mudah didapatkan, isi merupakan hal umum dan merupakan komunikasi satu arah. Peran utama yang diharapkan dihubungkan dengan perubahan adalah sebagai pengetahuan pertama.  Rumah Sakit Telogorejo Semarang menerbitkan media massa “Rumah Sakit Telogorejo I Care”. Majalah terbit setiap 6 bulan sekali, sebanyak 120 halaman, disajikan di ruang tunggu pengunjung dan memuat konten-konten tentang informasi mengenai pengetahuan kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman media terhadap pengetahuan tentang kesehatan pada pengunjung yang telah membaca Majalah rumah Sakit Telogorejo I Care. Jenis penelitian deskriptif analitik dengan desain cross sectional study. Sampel dalam penelitian ini adalah Pengunjung SMC Rumah Sakit Telogorejo yang menempati ruang tunggu dan telah membaca majalah edisi terakhir sebanyak satu kali atau lebih, melalui metode sampel tanpa peluang (Non Probability Sampling), dengan teknik Accidental Samplingsebanyak 150 orang. Pengujian menggunakan ­Chi-Square dengan alpha 0,05. Hasil penelitian menunjukkan variabel yang berhubungan dengan tingkat pemahaman isi media yaitu Media sebagai PKRS (P=0,003) dan Pengetahuan (P=0,000).  Pengemasan majalah I Care Rumah Sakit Telogorejo sebagai media promosi kesehatan rumah sakit, membuat majalah mudah dipahami dan menarik.

Fulltext View|Download
Keywords: Health Magazine, Health Promotion Hospital

Article Metrics:

Article Info
Section: Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku
Language : ID
Recent articles
Analisis Manajemen Pengelolaan Linen Dalam Memenuhi Standar Pelayanan Minimal Di RSUD Tugurejo Provinsi Jawa Tengah ANALISIS MINAT MAHASISWA UNIVERSITAS DIPONEGORO TERHADAP PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN KLINIK PRATAMA UNDIP HUBUNGAN PENDIDIKAN, BUDAYA, TEMAN SEBAYA DENGAN PERNIKAHAN USIA MUDA DI KECAMATAN KANDANGHAUR INDRAMAYU TAHUN 2018 Beberapa Faktor yang Berhubungan dengan Penggunaan Sistem Informasi oleh Penyuluh KB terhadap Kelengkapan Laporan Kampung KB di Kota Semarang HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG PENGENDALIAN VEKTOR DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) DENGAN PRAKTIK PENGGUNAAN INSEKTISIDA RUMAH TANGGA DI KELURAHAN TEMBALANG GAMBARAN PENGETAHUAN, STIGMA, DAN DISKRIMINASI MASYARAKAT KEPADA PENDERITA FILARIASIS LIMFATIK DI KOTA PEKALONGAN TAHUN 2018 RELATIONSHIP OF NUTRITION STATUS AND NUTRITIONAL ADEQUACY OF MORNING EATING WITH STUDENT ACHIEVEMENT OF SIDOMULYO 01 STATE ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS WONOSALAM DISTRICT DEMAK REGENCY PENGARUH PENYULUHAN DAN MEDIA POSTER TENTANG ANEMIA TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP PADA SANTRIWATI (Studi Di Pondok Pesantren Al-Bisyri Kota Semarang) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MOTIVASI KERJA PADA RESCUER KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN (SAR) SEMARANG JAWA TENGAH HUBUNGAN BEBAN KERJA MENTAL TERHADAP PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF PADA IBU BEKERJA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KARANGJATI EVALUASI PELAKSANAAN PILAR PERTAMA STOP BUANG AIR BESAR SEMBARANGAN PADA PROGRAM SANITASI TOTAL BERBASIS MASYARAKAT DI KABUPATEN NAGEKEO Analisis Sebaran Kasus TB Paru BTA Positif di Kota Semarang Tahun 2018 berdasarkan Suhu Udara FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PRAKTIK IBU DALAM MELINDUNGI KELUARGA DARI PAPARAN ASAP ROKOK Hubungan Pengetahuan, Norma Subjektif dan Persepsi Kontrol Perilaku dengan Niat Ibu Rumah Tangga Berisiko HIV dalam Mengakses Layanan VCT More recent articles

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.