BibTex Citation Data :
@article{JKM26069, author = {Besar Husodo}, title = {Pemahahaman Isi Majalah Promosi Kesehatan Rumah Sakit I Care SMC RS Tlogorejo dengan pengetahuan kesehatan bagi pengunjung rumah sakit}, journal = {Jurnal Kesehatan Masyarakat}, volume = {7}, number = {4}, year = {2019}, keywords = {Health Magazine, Health Promotion Hospital}, abstract = { Pemahaman isi media pada majalah merupakan kemampuan menyerap isi pesan dan melakukan perubahan perilaku sesuai dengan isi majalah. Majalah memberikan informasi tentang perubahan, bagaimana hal itu bekerja dan hasil yang dicapai atau yang akan dicapai. Majalah berfungsi memberikan informasi pada kepentingan yang menyebarluas dan mengiklankan produk. Majalah mempunyai ciri khas yaitu tidak ditujukan pada kontak perseorangan, mudah didapatkan, isi merupakan hal umum dan merupakan komunikasi satu arah. Peran utama yang diharapkan dihubungkan dengan perubahan adalah sebagai pengetahuan pertama. Rumah Sakit Telogorejo Semarang menerbitkan media massa “Rumah Sakit Telogorejo I Care ”. Majalah terbit setiap 6 bulan sekali, sebanyak 120 halaman, disajikan di ruang tunggu pengunjung dan memuat konten-konten tentang informasi mengenai pengetahuan kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman media terhadap pengetahuan tentang kesehatan pada pengunjung yang telah membaca Majalah rumah Sakit Telogorejo I Care. Jenis penelitian deskriptif analitik dengan desain cross sectional study. Sampel dalam penelitian ini adalah Pengunjung SMC Rumah Sakit Telogorejo yang menempati ruang tunggu dan telah membaca majalah edisi terakhir sebanyak satu kali atau lebih, melalui metode sampel tanpa peluang ( Non Probability Sampling ), dengan teknik Accidental Sampling sebanyak 150 orang. Pengujian menggunakan Chi-Square dengan alpha 0,05. Hasil penelitian menunjukkan variabel yang berhubungan dengan tingkat pemahaman isi media yaitu Media sebagai PKRS (P=0,003) dan Pengetahuan (P=0,000). Pengemasan majalah I Care Rumah Sakit Telogorejo sebagai media promosi kesehatan rumah sakit, membuat majalah mudah dipahami dan menarik. }, issn = {2356-3346}, pages = {765--773} doi = {10.14710/jkm.v7i4.26069}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jkm/article/view/26069} }
Refworks Citation Data :
Pemahaman isi media pada majalah merupakan kemampuan menyerap isi pesan dan melakukan perubahan perilaku sesuai dengan isi majalah. Majalah memberikan informasi tentang perubahan, bagaimana hal itu bekerja dan hasil yang dicapai atau yang akan dicapai. Majalah berfungsi memberikan informasi pada kepentingan yang menyebarluas dan mengiklankan produk. Majalah mempunyai ciri khas yaitu tidak ditujukan pada kontak perseorangan, mudah didapatkan, isi merupakan hal umum dan merupakan komunikasi satu arah. Peran utama yang diharapkan dihubungkan dengan perubahan adalah sebagai pengetahuan pertama. Rumah Sakit Telogorejo Semarang menerbitkan media massa “Rumah Sakit Telogorejo I Care”. Majalah terbit setiap 6 bulan sekali, sebanyak 120 halaman, disajikan di ruang tunggu pengunjung dan memuat konten-konten tentang informasi mengenai pengetahuan kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman media terhadap pengetahuan tentang kesehatan pada pengunjung yang telah membaca Majalah rumah Sakit Telogorejo I Care. Jenis penelitian deskriptif analitik dengan desain cross sectional study. Sampel dalam penelitian ini adalah Pengunjung SMC Rumah Sakit Telogorejo yang menempati ruang tunggu dan telah membaca majalah edisi terakhir sebanyak satu kali atau lebih, melalui metode sampel tanpa peluang (Non Probability Sampling), dengan teknik Accidental Samplingsebanyak 150 orang. Pengujian menggunakan Chi-Square dengan alpha 0,05. Hasil penelitian menunjukkan variabel yang berhubungan dengan tingkat pemahaman isi media yaitu Media sebagai PKRS (P=0,003) dan Pengetahuan (P=0,000). Pengemasan majalah I Care Rumah Sakit Telogorejo sebagai media promosi kesehatan rumah sakit, membuat majalah mudah dipahami dan menarik.
Article Metrics:
Last update:
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Kesehatan Masyarakat (JKM, p-ISSN: 2715-5617, e-ISSN:2356-3346) and Faculty of Public Health, Diponegoro University as the publisher of the journal. Copyright encompasses the rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
JKM journal and Faculty of Public Health, Diponegoro University, the Editors and the Advisory Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the JKM journal are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form JKM journal]The copyright form should be signed originally and send to the Editorial Office in the form of original mail or scanned document to jkm@live.undip.ac.id.
Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-ISSN: 2356-3346, p-ISSN: 2715-5617) is published by Faculty of Public Health, Universitas Diponegoro, Indonesia, under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats