skip to main content

ANALISIS PELUANG E-COMMERCE DALAM PENGEMBANGAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH PRODUK BATIK. (Studi Kasus pada Usaha Batik di Semarang)

*Yunita Purnamasari  -  Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Indonesia
Ari Pradhanawati  -  Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Indonesia
Wahyu Hidayat  -  Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Batik, as one of Indonesian cultural heritage, is much produced by batik MSMEs in Semarang. All the time, batik sales have still done by conventional methods, such as direct selling in store, phone transaction, and local promotion, so the marketing process is not optimal because it does not reach the other cities. As the development of technology, it is expected that modern technology application can support sales in batik MSMEs. Sales service with internet media, which is called e-commerce, is one of the examples. E-commerce implementation opportunity in batik MSMEs is become the focus of analysis in this research.

Some methods were used in collecting data, which are field visit, observation, interview, historical data analysis, and reference study, that would be analyzed by SWOT method. The results show that e-commerce contributes in batik sales. This online selling must be supported by excellent e-commerce system, starts from product order, payment, and shipment. E-commerce system become an information media which facilitates and makes people, as the future consumers, easy to get information and also purchase wherever and whenever. With these strength of e-commerce, it is adviced to batik MSMEs in Semarang in their use of e - commerce application performance for business development by diversifying the products sold in the online store until HR is able to create customer loyalty .

Keyword : e-commerce, Micro, Small, and Medium Enterprises.

Abstraksi : Batik, sebagai salah satu kekayaan budaya Indonesia, banyak diproduksi oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Semarang. Selama ini penjualan batik masih dilakukan secara konvensional, yaitu penjualan langsung di toko, transaksi melalui telepon, dan promosi di wilayah setempat, sehingga pemasaran menjadi tidak optimal karena tidak menjangkau kota-kota lainnya. Seiring berkembangnya teknologi, diharapkan berbagai penerapan teknologi dapat mendukung peningkatan penjualan pada UMKM batik. Salah satunya adalah dengan layanan penjualan melalui internet, yang disebut dengan e-commerce. Peluang penerapan e-commerce di UMKM batik menjadi fokus analisis pada penelitian ini.

Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tinjauan lapangan, pengamatan, wawancara, pengumpulan dokumen, dan kepustakaan, yang kemudian dianalisis dengan metode SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-commerce dapat memberikan kontribusi pada penjualan batik. Penjualan secara online ini seharusnya didukung dengan sistem e-commerce mulai dari pemesanan barang, pembayaran, hingga pengiriman barang. Sistem e-commerce dapat memaksimalkan berbagai bentuk penjualan, pemasaran, dan kualitas pelayanan. Sistem e-commerce juga dapat menjadi media informasi yang memudahkan masyarakat, sebagai calon konsumen, untuk memperoleh informasi serta melakukan pembelian di mana pun dan kapan pun. Dengan berbagai kelebihan dari sistem e-commerce, disarankan kepada UMKM batik untuk dapat memanfaatkannya kinerja aplikasi e-commerce dalam rangka pengembangan usaha dengan meragamkan produk yang dijual di toko online hingga SDM mampu menciptakan kesetiaan pelanggan. 

Fulltext View|Download
Keywords: e-commerce, usaha mikro kecil dan menengah

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.