skip to main content

PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN SALES PROMOTION TERHADAP IMPULSIVE BUYING PADA PENGGUNA TOKOPEDIA DI KOTA SEMARANG

*Ananda Citra Lida Fevilla  -  Department of Business Administration, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Eko Budiharjo, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Hari Susanta Nugraha  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Saryadi Saryadi  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Open Access Copyright 2025 Ananda Citra Lida Fevilla

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract
Tokopedia merupakan sebuah perusahaan yang menyediakan platform jual-beli online yang berdiri pada 17 Agustus 2009. Berdasarkan data yang ditemukan penulis, konsumen Tokopedia seringkali mengeluhkan permasalahannya ketika menggunakan aplikasi mobile Tokopedia. Hal tersebut dapat mempengaruhi perilaku impulsive buying. Untuk meningkatkan perilaku impulsive buying, konsumen memperhatikan beberapa aspek, antara lain e-service quality dan sales promotion. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menjelaskan pengaruh e-service quality dan sales promotion dalam meningkatkan impulsive buying pada konsumen Tokopedia di Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai data primer. Populasi pada penelitian ini, yaitu pengguna Tokopedia di Kota Semarang dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini, yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, uji regresi linear sederhana, uji regresi linear berganda, uji t, dan uji F. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dan signifikan antara e-service quality dan sales promotion terhadap impulsive buying baik secara parsial maupun secara simultan. Berdasarkan hasil tersebut, pengelola perlu memperhatikan efektivitas fitur pencarian di aplikasi mobile Tokopedia, pengelola juga perlu mempertimbangkan kembali mengenai ketersediaan produk bundling, dan mengevaluasi tampilan produk pada aplikasi mobile Tokopedia.
Fulltext View|Download

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.