skip to main content

PENGARUH PERCEIVED EASE OF USE DAN PERCEIVED USEFULNESS TERHADAP ACTUAL SYSTEM USE MELALUI INTENTION TO PURCHASE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PENGGUNA TOKOPEDIA DI KOTA SEMARANG

*Earlene Monica Valentia  -  Department of Business Administration, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Sudharto P Hadi  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Widayanto Widayanto  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Open Access Copyright 2025 Earlene Monica Valentia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Tokopedia ialah E-Commerce asal Indonesia yang terus berusaha meningkatkan kemudahan pengoperasian sistem dan manfaat layanan. Namun, pada periode Januari-September tahun 2023 Tokopedia mengalami jumlah penurunan transaksi. Jika tidak diperhitungkan maka perusahaan akan mengalami kerugian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perceived ease of use dan perceived usefulness terhadap actual system use melalui intention to purchase sebagai variabel intervening. Tipe penelitian yang digunakan adalah explanatory research menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Sampel berjumlah 100 orang pengguna Tokopedia di Kota Semarang dengan teknik nonprobability sampling. Pengolahan data dengan software SmartPLS 3.2.9 menggunakan outer model dan inner model. Hasil penelitian menunjukkan perceived ease of use dan perceived usefulness memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap actual system use, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan melalui intention to purchase. Saran yang dapat diberikan bagi PT Tokopedia, yaitu memasifkan edukasi dan mengoptimalkan fitur, memberikan kebijakan kepada mitra terkait jaminan terhadap kualitas produk, serta menarik lebih banyak penjual agar memungkinkan lebih banyak variasi produk.

 

Fulltext View|Download
Keywords: Technology Acceptance Model, Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, Intention to Purchase, Actual System Use

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.