BibTex Citation Data :
@article{JIAB45873, author = {Earlene Valentia and Sudharto Hadi and Widayanto Widayanto}, title = {PENGARUH PERCEIVED EASE OF USE DAN PERCEIVED USEFULNESS TERHADAP ACTUAL SYSTEM USE MELALUI INTENTION TO PURCHASE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PENGGUNA TOKOPEDIA DI KOTA SEMARANG}, journal = {Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis}, volume = {14}, number = {2}, year = {2025}, keywords = {Technology Acceptance Model, Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, Intention to Purchase, Actual System Use}, abstract = { Tokopedia ialah E-Commerce asal Indonesia yang terus berusaha meningkatkan kemudahan pengoperasian sistem dan manfaat layanan. Namun, pada periode Januari-September tahun 2023 Tokopedia mengalami jumlah penurunan transaksi. Jika tidak diperhitungkan maka perusahaan akan mengalami kerugian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perceived ease of use dan perceived usefulness terhadap actual system use melalui intention to purchase sebagai variabel intervening . Tipe penelitian yang digunakan adalah explanatory research menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Sampel berjumlah 100 orang pengguna Tokopedia di Kota Semarang dengan teknik nonprobability sampling . Pengolahan data dengan software SmartPLS 3.2.9 menggunakan outer model dan inner model. Hasil penelitian menunjukkan perceived ease of use dan perceived usefulness memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap actual system use , baik secara langsung maupun tidak langsung dengan melalui intention to purchase . Saran yang dapat diberikan bagi PT Tokopedia, yaitu memasifkan edukasi dan mengoptimalkan fitur, memberikan kebijakan kepada mitra terkait jaminan terhadap kualitas produk, serta menarik lebih banyak penjual agar memungkinkan lebih banyak variasi produk. }, issn = {2746-1297}, pages = {738--748} doi = {10.14710/jiab.2025.45873}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/45873} }
Refworks Citation Data :
Tokopedia ialah E-Commerce asal Indonesia yang terus berusaha meningkatkan kemudahan pengoperasian sistem dan manfaat layanan. Namun, pada periode Januari-September tahun 2023 Tokopedia mengalami jumlah penurunan transaksi. Jika tidak diperhitungkan maka perusahaan akan mengalami kerugian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perceived ease of use dan perceived usefulness terhadap actual system use melalui intention to purchase sebagai variabel intervening. Tipe penelitian yang digunakan adalah explanatory research menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Sampel berjumlah 100 orang pengguna Tokopedia di Kota Semarang dengan teknik nonprobability sampling. Pengolahan data dengan software SmartPLS 3.2.9 menggunakan outer model dan inner model. Hasil penelitian menunjukkan perceived ease of use dan perceived usefulness memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap actual system use, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan melalui intention to purchase. Saran yang dapat diberikan bagi PT Tokopedia, yaitu memasifkan edukasi dan mengoptimalkan fitur, memberikan kebijakan kepada mitra terkait jaminan terhadap kualitas produk, serta menarik lebih banyak penjual agar memungkinkan lebih banyak variasi produk.
Article Metrics:
Last update: