skip to main content

PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN MARKETPLACE BLIBLI.COM DI KOTA SEMARANG

*Darodjatun Aulia Akbar  -  Department of Business Administration, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Sudharto P Hadi  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Bulan Prabawani  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Open Access Copyright 2025 Darodjatun Aulia Akbar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract
Blibli.com merupakan bisnis marketplace pertama dari PT Global Digital Niaga. Marketplace Blibli.com ini memiliki konsep yang unik yaitu belanja online ala mall. Data nilai pembelian konsumen atau Gross Merchandise Value pada marketplace Blibli.com menunjukkan bahwa nilai pembelian konsumen rendah. Hal ini diduga terjadi dikarenakan beberapa faktor yaitu e-service quality dan electronic word of mouth. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-service quality dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen. Tipe penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian Explanatory Research dengan teknik pengambilan sampel yaitu non probability sampling dan purposive sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sebanyak 100 responden yang pernah membeli produk pada marketplace Blibli.com di Kota Semarang. Data diambil dengan menyebarkan google form. Pengolahan  data menggunakan SPSS 26 beserta analisis kuantitatif. Analisis yang dilakukan meliputi uji validitas, reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, regresi linear sederhana dan berganda, signifikansi uji t, dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-service quality dan electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Berdasarkan hasil tersebut, Blibli.com disarankan agar lebih detail dalam menyediakan informasi mengenai produk, meningkatkan layanan customer service, mengoptimalkan kinerja aplikasi, dan mendorong konsumen Blibli.com untuk menuliskan ulasan mereka di platform ulasan.
Fulltext View|Download
Keywords: e-service quality; electronic word of mouth; keputusan pembelian

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.