BibTex Citation Data :
@article{JIAB45752, author = {Regina Laksita and Andi Wijayanto and Widayanto Widayanto}, title = {PENGARUH PAYLATER PAYMENT METHOD DAN SALES PROMOTION TERHADAP IMPULSE BUYING PADA PENGGUNA BLIBLI SEGMEN FASHION DI KOTA SEMARANG}, journal = {Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis}, volume = {14}, number = {2}, year = {2025}, keywords = {}, abstract = { Perkembangan teknologi berdampak besar pada dunia bisnis, yaitu meningkatkan persaingan pasar di antara perusahaan e-commerce. Blibli sebagai salah satu E-Commerce besar di Indonesia mengalami penurunan pendapatan dari tahun sebelumnya berdasarkan Annual Report Blibli 2023. Selain itu, jumlah Total Processing Value (TPV) nya juga masih tertinggal jauh dibandingkan E-Commerce lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh paylater payment method dan sales promotion terhadap impulse buying . Tipe penelitian ini adalah explanatory research , dengan teknik pengambilan sampel non-probability sampling dan metode purposive sampling . Sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus lemeshow dengan jumlah 97 responden, konsumen Blibli segmen fashion yang pernah menggunakan paylater dan promosi Blibli di Kota Semarang. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, uji regresi linear sederhana, uji linear berganda, dan uji asumsi klasik dengan bantuan SPSS versi 27. Penelitian ini menghasilkan temuan yang menunjukkan bahwa paylater payment method dan sales promotion secara parsial dan simultan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap impulse buying pada pengguna Blibli. Penelitian ini menyarankan untuk meningkatkan responsivitas customer service , menyederhanakan prosedur dalam proses pembayaran, dan pemberian insentif tambahan untuk pembelian dalam jangka waktu tertentu. Kata kunci: paylater payment method , sales promotion , impulse buying }, issn = {2746-1297}, pages = {587--597} doi = {10.14710/jiab.2025.45752}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/45752} }
Refworks Citation Data :
Perkembangan teknologi berdampak besar pada dunia bisnis, yaitu meningkatkan persaingan pasar di antara perusahaan e-commerce. Blibli sebagai salah satu E-Commerce besar di Indonesia mengalami penurunan pendapatan dari tahun sebelumnya berdasarkan Annual Report Blibli 2023. Selain itu, jumlah Total Processing Value (TPV) nya juga masih tertinggal jauh dibandingkan E-Commerce lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh paylater payment method dan sales promotion terhadap impulse buying. Tipe penelitian ini adalah explanatory research, dengan teknik pengambilan sampel non-probability sampling dan metode purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus lemeshow dengan jumlah 97 responden, konsumen Blibli segmen fashion yang pernah menggunakan paylater dan promosi Blibli di Kota Semarang. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, uji regresi linear sederhana, uji linear berganda, dan uji asumsi klasik dengan bantuan SPSS versi 27. Penelitian ini menghasilkan temuan yang menunjukkan bahwa paylater payment method dan sales promotion secara parsial dan simultan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap impulse buying pada pengguna Blibli. Penelitian ini menyarankan untuk meningkatkan responsivitas customer service, menyederhanakan prosedur dalam proses pembayaran, dan pemberian insentif tambahan untuk pembelian dalam jangka waktu tertentu.
Kata kunci: paylater payment method, sales promotion, impulse buying
Article Metrics:
Last update: