skip to main content

PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN INFLUENCER MARKETING TERHADAP PURCHASE INTENTION BITTERSWEET BY NAJLA DI KOTA SEMARANG

*Julia Romaito Tampubolon  -  Department of Business Administration, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Sari Listyorini  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Agung Budiatmo  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Open Access Copyright 2025 Julia Romaito Tampubolon

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract
Bittersweet by Najla menggunakan aplikasi Tiktok dalam promosi pemasaran. Konten promosi yang dihasilkan oleh Bittersweet by Najla menimbulkan Online Customer Review yang bervariasi. Dalam pra-survey terhadap 30 responden, ditemukan bahwa Online Customer Review merupakan faktor yang memengaruhi Minat Beli Bittersweet by Najla. Selain itu, Bittersweet by Najla memperkenalkan produknya bersama influencer untuk menunjang popularitas. Influencer yang tepat dapat mendorong minat beli produk. Tipe penelitian ini adalah explanatory research. Teknik pengambilan sampel yaitu non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada 100 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, regresi linear sederhana dan berganda, uji signifikansi t dan F. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh positif Online Customer Review dan Influencer Marketing terhadap Purchase Intention. Selain itu, Online Customer Review dan Influencer Marketing secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap Purchase Intention Bittersweet by Najla di Kota Semarang. Saran kepada Bittersweet by Najla adalah membenahi kualitas produk yang dihasilkan untuk mencegah ulasan buruk konsumen di sosial media. Bittersweet by Najla juga dapat memilih influencer marketing yang dapat dipercaya dalam menyampaikan informasi produk dan memiliki skill dalam mempromosikan produk. Keterampilan dan kesesuaian seorang influencer dengan produk yang diulasnya akan menarik minat beli konsumen.
Fulltext View|Download

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.