skip to main content

ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN ATAS KUALITAS PELAYANAN PT FEDERAL INTERNATIONAL FINANCE (FIF) CABANG SEMARANG

*Sulistiowati Sulistiowati  -  Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Indonesia
Nawazirul Lubis  -  Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Indonesia
Sari Listyorini  -  Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Pertumbuhan ekonomi yang semakin stabil membawa dampak positif bagi sektor-sektor ekonomi di Indonesia. Usaha untuk menarik minat pelanggan serta mempertahankan yang sudah ada merupakan suatu pekerjaan yang tidak mudah. Mengingat pelanggan merupakan individu yang bebas berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lainnya tergantung dengan kepuasan yang diperolehnya. Oleh karena itu, peningkatan dalam bidang pelayanan harus dilakukan agar pelanggan menjadi puas dan loyal. Penelitian ini berangkat dari permasalahan masih di jumpai adanya komplain dari pelanggan dan adanya fluktuasi jumlah pelanggan PT FIF Cabang Semarang selama tahun 2010, yang diperkirakan dapat timbul sebagai akibat belum maksimalnya pelayanan PT FIF Cabang semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan atas kinerja pelaksanaan pelayanan PT FIF Cabang Semarang.

Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif analitik. Data yang digunakan adalah data primer. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan instrumen pengumpulan data berupa kuesioner yang diajukan kepada 99 responden. Sampling techniq yang digunakan adalah purposive sampling. Untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan atas layanan PT FIF Cabang Semarang, maka digunakan importance performance analysis (analisa perhitungan rata-rata).

Dari hasil perhitungan rata-rata dari rata – rata penilaian pelaksanaan/ kinerja perusahaan dengan tingkat kepentingan/ harapan pelanggan maka akan diperoleh tingkat kepuasan atas kinerja perusahaan sebesar 3,70 yang masuk dalam kategorisasi kurang memuaskan. Atribut yang perlu mendapatkan perhatian adalah atribut yang berada di kuadran A dalam diagram kartesius, yaitu Kemampuan petugas untuk cepat tanggap dalam menghadapi masalah yang timbul (misalnya tentang perbedaan jumlah angsuran), kemampuan petugas  untuk cepat tanggap apabila terjadi kesalahan dalam pencatatan transaksi, kemampuan petugas dalam menjalin komunikasi yang efektif dengan pelanggan, sikap petugas dalam mengutamakan kepentingan dan kebutuhan pelanggan, sikap petugas dalam memberikan pelayanan yang baik tanpa membedakan status sosial, pengaturan parkir kendaraan bermotor.

Fulltext View|Download
Keywords: kepuasan, pelanggan, pelayanan, pembiayaan

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.