BibTex Citation Data :
@article{JIAB42730, author = {Sovi Alawiyah}, title = {Pengaruh Harga dan Promosi Kenaikan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kita Minyak Goreng di PT SMART TBK}, journal = {Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis}, volume = {13}, number = {3}, year = {2024}, keywords = {Harga; Kita Cooking Oil; Promosi; Keputusan Pembelian}, abstract = { This study aims to determine the influence of price and promotions on purchasing decisions, either partially or simultaneously. The populations in this study are potential clients of General Trade (GT) in Jabotabek who purchase Kita cooking oil products regularly at PT SMART Tbk with a total sample of 114. Techniques of collecting data using questionnaires. Analytical techniques used are instrument test, classical assumption test, multiple regression analysis, hypothesis testing, and coefficient of determination with a significant level of 5% using the program SPSS for Windows Version 22. Based on the results of this study the first: partial test (t) shows that the variable price has a positive and significant influence on purchasing decisions with a value of 4.337> 1.662 and 0.000 <0.05 and promotion has a positive and significant influence on purchasing decisions with a value of 2.876> 1.662 and 0,005 <0.05 while prices and promotions together have a positive and significant effect on purchasing decisions with values 0.000 <0.05 and F 23,645> F-tables 2,690. From multiple linear regression models, prices have a greater influence on purchasing decisions. Keywords: Price; Kita Cooking 0il; Promotions; Purchasing Decisions Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian, baik secara parsial maupun secara simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah para klien GT (General Trade) potensial di Jabotabek yang melakukan pembelian produk Kita minyak goreng secara berkala di PT SMART Tbk dengan jumlah sampel sebanyak 114. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah uji instrumen, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis, dan koefisien determinasi dengan taraf signifikan 5% menggunakan program SPSS for Windows Version 22. Berdasarkan hasil penelitian ini yang pertama: uji parsial (t) hendaknya bahwa variabel harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai 4,337 >1,659 dan sig 0,000 < 0,05 dan promosi memiliki pengaruh positif dan siginifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai 2,876 > 1,659 dan sig 0,005 < 0,05 sementara harga dan promosi secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai 0,000< 0,05 dan Fhitung 23,645 > Ftabel 2,690. Dari model regresi linear berganda maka harga memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap keputusan pembelian. Kata Kunci: Harga; Kita Cooking Oil; Promosi; Keputusan Pembelian. }, issn = {2746-1297}, pages = {650--663} doi = {10.14710/jiab.2024.42730}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/42730} }
Refworks Citation Data :
This study aims to determine the influence of price and promotions on purchasing decisions, either partially or simultaneously. The populations in this study are potential clients of General Trade (GT) in Jabotabek who purchase Kita cooking oil products regularly at PT SMART Tbk with a total sample of 114. Techniques of collecting data using questionnaires. Analytical techniques used are instrument test, classical assumption test, multiple regression analysis, hypothesis testing, and coefficient of determination with a significant level of 5% using the program SPSS for Windows Version 22. Based on the results of this study the first: partial test (t) shows that the variable price has a positive and significant influence on purchasing decisions with a value of 4.337> 1.662 and 0.000 <0.05 and promotion has a positive and significant influence on purchasing decisions with a value of 2.876> 1.662 and 0,005 <0.05 while prices and promotions together have a positive and significant effect on purchasing decisions with values 0.000 <0.05 and F 23,645> F-tables 2,690. From multiple linear regression models, prices have a greater influence on purchasing decisions.
Keywords: Price; Kita Cooking 0il; Promotions; Purchasing Decisions
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian, baik secara parsial maupun secara simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah para klien GT (General Trade) potensial di Jabotabek yang melakukan pembelian produk Kita minyak goreng secara berkala di PT SMART Tbk dengan jumlah sampel sebanyak 114. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah uji instrumen, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis, dan koefisien determinasi dengan taraf signifikan 5% menggunakan program SPSS for Windows Version 22. Berdasarkan hasil penelitian ini yang pertama: uji parsial (t) hendaknya bahwa variabel harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai 4,337 >1,659 dan sig 0,000 < 0,05 dan promosi memiliki pengaruh positif dan siginifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai 2,876 > 1,659 dan sig 0,005 < 0,05 sementara harga dan promosi secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai 0,000< 0,05 dan Fhitung 23,645 > Ftabel 2,690. Dari model regresi linear berganda maka harga memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci: Harga; Kita Cooking Oil; Promosi; Keputusan Pembelian.
Article Metrics:
Last update: