skip to main content

Pengaruh Kenyamanan Pusat Perbelanjaan dan Tenant Pengisi terhadap Kepuasan Konsumen pada Kota Kasablanka Mall Jakarta

*Fidelia Katherina Aritonang  -  Department of Business Administration, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Apriatni Endang Prihatini  -  Department of Business Administration, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Agung Budiatmo  -  Department of Business Administration, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Open Access Copyright 2023 The Author

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract
Kota Kasablanka Mall Jakarta is a mall located in the city of South Jakarta. In 2019, Kota Kasablanka Mall Jakarta has experienced a decrease in income presentation and an increase in the number of complaints. This study aims to determine the effect of consumer satisfaction and filling tenants on consumer satisfaction at Kota Kasablanka Mall Jakarta partially or simultaneously. The number of samples taken was 100 respondents who were consumers from Kota Kasablanka Mall Jakarta. The sampling technique uses purposive and accidental sampling techniques. In data analysis using validity test, reliability, correlation coefficient, coefficient of determination, simple regression analysis, multiple regression analysis, t test and f test. The results of the study show that both simultaneously and partially the convenience of shopping centers and tenants fills have a significant positive effect on customer satisfaction. The results of the correlation in this study also show that the convenience of shopping centers and filling tenants has a strong relationship. Based on these results, companies are advised to check existing filling tenants in order to have good inventory management, create a single entry and multiple exit system policy, work together with online parking system providers, and bring in tenants who are more familiar.


Kota Kasablanka Mall Jakarta (Kokas) merupakan mall yang berlokasi pada kota Jakarta Selatan. Berdasarkan data pendapatan pakuwon group selaku pengembang dari Kota Kasablanka Mall, Kota Kasablanka Mall Jakarta mengalami penurunan presentasi pendapatan dan mengalami kenaikan jumlah keluhan pada tahun 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan konsumen (X1) dan tenant pengisi (X2) terhadap kepuasan konsumen (Y) pada Kota Kasablanka Mall Jakarta secara parsial maupun simultan. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden yang merupakan konsumen dari Kota Kasablanka Mall Jakarta. Teknik pengambil sampel menggunakan teknik purposive dan accidental sampling. Pada analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, analisis regresi sederhana, analisis regresi berganda, uji t dan uji f. dengan menggunakan software SPSS 25.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan maupun parsial variabel Kenyamanan Pusat Perbelanjaan dan Tenant Pengisi berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil korelasi pada penelitian ini juga menunjukkan bahwa kenyamanan pusat perbelanjaan dan tenant pengisi memiliki hubungan yang kuat. Berdasarkan hasil tersebut, perusahaan disarankan untuk melakukan pengecekan terhadap tenant pengisi yang ada untuk memiliki manajemen persediaan yang baik, membuat kebijakan sistem satu pintu masuk dan beberapa pintu keluar, kebijakan, bekerja sama dengan penyedia parking sytem online, dan menghadirkan lebih banyak tenant-tenant familiar.
Fulltext View|Download
Keywords: Kenyamanan; Kepuasan Konsumen; Pusat Perbelanjaan; Tenant

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.