skip to main content

Pengaruh Ekuitas Merek dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk Coca-Cola (Studi Kasus pada SMA Negeri 5 Purwokerto Jl. Gereja No. 20, Purwokerto)

*Kholifah Kholifah  -  Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Indonesia
Apriatni Endang Prihatini  -  Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Indonesia
Widayanto Widayanto  -  Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek dan promosi terhadap keputusan pembelian produk Coca-Cola. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pelajar SMA N 5 Purwokerto yang terletak di Jl. Gereja No. 20, Purwokerto. Dengan menggunakan teori Donald R Cooper dan C. William Emory, diambil 100 responden untuk dijadikan sampel dan teknik sampling yang digunakan adalah dengan accidental sampling. Skala pengukurannya menggunakan skala Likert. Pada analisis data menggunakan ujji regresi linear sederhana dan uji regresi berganda dengan program aplikasi SPSS 16.0.

Dari hasil analisis data diketahui bahwa kategori ekuitas merek sebesar 62 persen menyatakan cukup. Kategori promosi diketahui sebesar 53 persen menyatakan cukup menarik. Variabel ekuitas merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 46,6 persen. Variabel promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 44,6persen. Variabel ekuitas merek dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 51,2 persen. Hal ini berarti semakin baik ekuitas merek dan promosi diharapkan dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen.

Berdasarkan hasil penelitian, pihak Coca-Cola menambahkan frekuensi penayangan slogan Coca-Cola, memberikan edukasi pada konsumen tentang minuman bersoda, menambahkan frekuensi promosi, dan menetapkan harga yang lebih murah.

Fulltext View|Download
Keywords: Ekuitas Merek, Promosi dan Keputusan Pembelian

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.