skip to main content

Analisis Pengembangan Literasi Digital dalam Kinerja Layanan PT Kereta Api Indonesia (Persero)

*Ratih Amalia Widhi  -  Departement of Business Administration, Universitas Diponegoro, JL. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang,Indonesia 50275, Indonesia
Hari Susanta Nugraha  -  Departement of Business Administration, Universitas Diponegoro, JL. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang,Indonesia 50275, Indonesia
Saryadi Saryadi  -  Departement of Business Administration, Universitas Diponegoro, JL. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang,Indonesia 50275, Indonesia
Open Access Copyright 2022 Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

PT Kereta Api Indonesia has developed a system to excel in service quality and make it easier for train consumers to purchase train tickets by launching the KAI Access Application. This research is a qualitative research namely research that produces descriptive words in writing or orally from people and observed behavior from the phenomena that are happening. The sample in this qualitative research was carried out when the researcher entered the field and during the research. The results of this study indicate that the KAI Access application has not yet become a user friendly application in the sense that it does not fully meet the needs of the KAI Access application users, there are still many problems that arise from the KAI Access application itself. Based on these results, it is recommended that KAI Access develop the KAI Access Application into a user friendly application, providing convenience for consumers when registering and logging in to user account. Become an application that has lighter size, so that when used, the application does not crash and error. Being an application that has many payment features that work well, can enter more than one ID (NIK). The schedule change feature that can be functioned properly, so that application users when they want to reschedule tickets do not have to come to the nearest CS station.


PT.Kereta Api Indonesia telah mengembangkan sistem guna mengunggulkan kualitas pelayanan serta mempermudah para konsumen kereta api dalam melakukan pembelian tiket kereta api dengan meluncurkan Aplikasi KAI Access. Dalam pengembangan Aplikasi KAI Access yang dimilikinya terdapat kelemahan terhadap pelayanan yang diberikan kepada pengguna aplikasi tersebut. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja layanan PT. Kereta Api Indonesia khususnya dalam Aplikasi KAI Access yang dilatar belakangi banyaknya rating negatif terhadap Aplikasi KAI Access. Informan dari penelitian ini adalah beberapa pengguna Aplikasi KAI Access yang berdomisili di Semarang, pihak PT. Kereta Api Indonesia (Persero) DAOP IV Semarang yaitu Unit Angkutan Umum dan Unit SDM. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang menghasilkan kata – kata deskriptif secara tertulis atau lisan dari orang – orang dan perilaku yang diamati dari fenomena yang sedang terjadi. Informan dalam penelitian kualitatif ini dilakukan saat peneliti mulai memasuki lapangan serta selama penelitian berlangsung, peneliti memilih orang tertentu yang dipertimbangkan akan memberikan data yang diperlukan, selanjutnya berdasarkan data maupun informasi yang diperoleh dari sample sebelumnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Aplikasi KAI Access belum menjadi aplikasi yang user friendly dalam artian belum memenuhi kebutuhan pengguna Aplikasi KAI Access seutuhnya, masih terdapat banyak permasalahan yang timbul dari Aplikasi KAI Access itu sendiri. Sehingga membuat para pengguna Aplikasi KAI Access menjadi tidak nyaman dalam mengaplikasikan Aplikasi KAI Access, dan mengakibatkan banyaknya pengguna yang memberikan rating rendah terhadap Aplikasi KAI Access dan berkurangnya minat pengguna untuk menggunakan Aplikasi KAI Access lagi untuk mengorder tiket KA. Hasil diatas disarankan supaya KAI Access mengembangkan Aplikasi KAI Access menjadi aplikasi yang user friendly, memberi kenyamanan konsumen pada saat melakukan register dan log in akun pengguna, menjadi aplikasi yang memiliki ukuran yang lebih ringan, sehingga pada saat digunakan aplikasi tidak ngebug dan error, menjadi aplikasi yang memiliki banyak fitur pembayaran yang berfungsi dengan baik, sehingga konsumen pengguna aplikasi merasa terbantu pada saat ingin melakukan pembayaran, dapat memasukkan lebih dari satu ID (Nomor NIK) agar pengguna iOS dapat melakukan pembelian lebih dari 1 tiket,fitur ubah jadwal yang dapat difungsikan dengan baik, agar penguna aplikasi pada saat ingin reschedule tiket tidak harus datang ke CS stasiun terdekat.

Fulltext View|Download
Keywords: Kinerja Layanan; Literasi Digital

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.