skip to main content

Pengaruh Strategi Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Berkunjung Kembali Destinasi Pariwisata

*Sarah Azmil Umur  -  Department of Business Administration, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia, Indonesia
Apriatni Endang Prihatini  -  Department of Business Administration, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia, Indonesia
Dinalestari Purbawati  -  Department of Business Administration, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia, Indonesia
Open Access Copyright 2022 Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Graha Mangrove Park is one of the tourist destinations in Bontang City. This study aims to determine the influence of promotion strategy and service quality on the interest in revisiting Graha Mangrove Bontang Park. This type of research is explanatory research with the distribution of questionnaires as a data collection technique. The sample was 100 respondents with Accidental sampling and purposive sampling approaches. The respondents chosen were tourists who had visited Graha Mangrove Bontang Park. The results of this study show that promotion strategy (X1) and service quality (X2) have a simultaneous and positive influence on the interest in visiting again (Y). In this study, the variable quality of service significantly influenced the interest in revisiting. The negative perception of these two variables causes independent variables to have not been declared very good; Graha Mangrove Bontang Park management needs to improve and develop the diversity of media used and increase the value of service quality in the eyes of the community.

Taman Graha Mangrove merupakan salah satu destinasi pariwisata yang berada di Kota Bontang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi promosi dan kualitas pelayanan terhadap minat berkunjung kembali pada Taman Graha Mangrove Bontang. Tipe penelitian ini adalah explanatory research dengan penyebaran kuesioner sebagai teknik pengumpulan data. Sampel berjumlah 100 responden dengan pendekatan Accidental sampling dan purposive sampling. Responden yang dipilih merupakan wisatawan yang pernah melakukan kunjungan ke Taman Graha Mangrove Bontang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi promosi (X1) dan kualitas pelayanan (X2) mampu memberikan pengaruh secara simultan dan positif terhadap minat berkunjung kembali (Y). Dalam penelitian ini variabel kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap minat berkunjung kembali. Persepsi negatif yang dimiliki kedua variabel tersebut menyebabkan varibel independen belum dinyatakan sangat baik, sehingga pihak pengelola Taman Graha Mangrove Bontang perlu meningkatkan serta mengembangkan keberagaman media yang digunakan serta meningkatkan nilai kualitas pelayanan dimata masyarakat.

Fulltext View|Download
Keywords: Minat Berkunjung Kembali; Kualitas Pelayanan; Strategi Promosi

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.