skip to main content

Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Gubug Makan Mang Engking Ungaran

*Mahardiguna Dio En Agam  -  Department of Business Administration, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Handojo Djoko Waluyo  -  Department of Business Administration, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Agung Budiatmo  -  Departemen Administrasi Bisnis, Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia
Open Access Copyright 2022 Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

The development of the culinary business in Indonesia is very fast. Many new culinary businesses have emerged with various different concepts, both in terms of the food menu, which is presented with hints of the nuances of a dining area that is made as beautiful and comfortable as possible to fulfill consumer desires. One of them is Gubug Makan Mang Engking Ungaran which carries the concept for families with a very spacious and beautiful place with a hut above a fish pond which is certainly liked by many consumers, as well as very diverse menu choices. It's just that with a large place, diverse menu choices, and the number of visitors who are certainly not small, of course it can also cause problems such as not optimal service provided which then makes consumer satisfaction low.This study aims to determine the effect of price and service quality on customer satisfaction in Gubug Mang Engking Ungaran. The type of research used is explanatory research, where the data collection technique uses a questionnaire tool with a sample of 100 respondents by purposive sampling. The selected respondents are consumers who have a decision to visit Gubug Man Engking Ungaran. The methodology used to analyze primary data in this research is validity test, reliability test, correlation coefficient, coefficient of determination, simple linear regression, multiple linear regression, and significance test (t test and f test) with SPSS version 22.The results showed that there was a significant influence between service quality on customer satisfaction by 49.1% while the rest was influenced by factors other than service quality. Price has a significant effect on customer satisfaction by 61.8%, while the rest is influenced by factors other than price. Simultaneously, price together with service quality has a significant influence on customer satisfaction by 70.9% while the rest is influenced by other factors besides price and service quality.Based on the results of the study, the researchers gave suggestions that the Gubug Makan Mang Engking Ungaran.


Perkembangan bisnis kuliner di Indonesia sangatt pesat. Banyak bisnsis kuliner baru yang muncul dengan berbagai konsep yangt berbeda baik dari segi menumakanan yang disajikan hingga nuansa tempat makan yang dibuat indah dan senyaman mungkin untuk memenuhi keinginan konsumen. Salah satunya Gubug Makan Mang Engking Ungaran yang mengusung konsep untuk keluarga dengan tempat yang sangat luas dan asri dengan gubug di atas kolam ikan yang tentu banyak disukai konsumen, juga pilihan menu yang sangat beragam. Hanya saja dengan tempat  yang luas, pilihan menu yang beragam, dan jumlah pengunjung yang tentu tidak sedikit tentu juga dapat menimbulkan permasalahan seperti tidak maksimalnya pelayanan yang diberikan yang kemudian membuat rendahnya kepuasan konnsumen.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas  pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Gubug Mang Engking Ungaran. Tipe penelitian yang digunakan adalah explanaory research, dimana teknik pengumpulan data menggunakan alat bantu kuesioner dengan sample berjumlah 100  responden dengan cara purposive sampling. Responden yang dipilih adalah konsumen yag memiliki  kepuasan untuk berkunjung ke Gubug Makan Engking Ungaran. Metodeologi yang digunakan untuk menganalisis data primer dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, regresi linear sederhana, regresi linear berganda, dan uji signifikansi (uji t dan uji f) dengan SPSS versi 22.Hasil  penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen sebesar 49,1% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor selain kualitas pelayanan. Harga berpengaruh terhadap kepuasan konsumen secara signifikan sebesar 61,8%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor selain harga. Secara simultan, harga bersama-sama dengan kualitas peelayanan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen sebesar 70,9% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain selain harga dan kualitas pelayanan.Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memberikan saran supaya Gubug Makan Mang Engking Ungaran meningkatkan kualitas pelayanan dan memberikan harga yang sesuai dengan poduk dan pelayanan yang diberikan, sehingga dapat meningkatkan kepuasan konsumen.

 

Fulltext View|Download
Keywords: Kepuasan Konsumen; Kualitas Pelayanan; Harga

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.