skip to main content

Pengaruh Kualitas Produk dan E-Service Quality terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Konsumen Lazada di Semarang)

*Rayyan Goldie Najib  -  Department of Bussiness Administration, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Reni Shinta Dewi  -  Department of Bussiness Administration, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Sri Suryoko  -  Department of Bussiness Administration, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Open Access Copyright 2022 The Author

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Kualitas produk dan pelayanan pada aplikasi online (e-services) Lazada adalah hal yang paling sering dikeluhkan oleh konsumen, sehingga dikhawatirkan akan mempengaruhi kepuasan pelanggan Lazada terutama di wilayah Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Produk dan E-Service Quality Terhadap Kepuasan Pelanggan di E-Commerce Lazada di Semarang) Tipe penelitian yang digunakan adalah explanatory research, dimana teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan kuesioner dan sampel berjumlah 100 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Responden yang dipilih adalah konsumen yang melakukan pembelian pada aplikasi Lazada di wilayah Semarang. Teknik analisis data yaitu regresi linear dengan SPSS versi 23. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen di Aplikasi Lazada Semarang. e-service quality juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen di Aplikasi Lazada Semarang. Kualitas produk dan e-service quality secara bersama-sama juga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan.  Saran penulis adalah hendaknya Aplikasi Lazada menekankan seller agar selalu menyediakan produk yang berkualitas serta memberikan pelayanan yang prima dari admin dan manajemen Lazada. Penelitian selanjutnya disarankan untuk meneliti selain dari variabel kualitas produk dan  e-service quality sehingga dapat memperkuat kepuasan pada Konsumen Aplikasi Lazada di Semarang.


Fulltext View|Download
Keywords: Customer Satisfaction, E-Service Quality, Product Quality

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.