skip to main content

Pengaruh E-Service Quality dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Tokopedia (Studi pada Mahasiswa Universitas Diponegoro)

*Farah Salsabila  -  Department of Business Administration, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Wahyu Hidayat  -  Department of Business Administration, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Hari Susanta Nugraha  -  Department of Business Administration, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Open Access Copyright 2022 Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Di era globalisasi modern pemanfaatan teknologi informasi sudah menjadi pengaruh besar dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi, memberikan dampak positif bagi sektor bisnis yang dimana berubah mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Munculnya berbagai platform situs jual beli online atau sering disebut dengan E-commerce membuat para pengusaha berlomba-lomba memberikan yang terbaik untuk menarik para konsumennya. Salah satu faktor penentu dalam keberhasilan suatu bisnis adalah kualitas pelayanan. Adopsi kualitas layanan yang baru khususnya e-commerce adalah kualitas layanan berbasis web. Terdapat juga aspek keputusan pembelian yang tinggi dipengaruhi oleh e-service quality yang tinggi serta brand image yang baik. Berdasarkan data dari Tokopedia bahwa terjadi kenaikan dan penurunan jumlah pengunjung karena banyaknya pesaing e-commerce lain yang lebih unggul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh e-service quality dan brand image terhadap keputusan pembelian. Tipe yang digunakan pada penelitian ini adalah tipe peneltian explanatory research dan Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah non probability sampling. sampel yang digunakan adalah 100 konsumen konsumen mahasiswa yang berasal dari Universitas Diponegoro Semarang dan pernah melakukan pembelian di E-commerce Tokopedia setidaknya satu kali. Pengujian analisis data regresi menggunakan aplikasi SPSS 21.0. Hasil penelitian ini menunjukkan e-service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dan e-service quality dan brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Fulltext View|Download
Keywords: Brand Image, E-Service Quality, Keputusan Pembelian

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.