skip to main content

Pengaruh Destination Image dan Fasilitas Wisata terhadap Revisit Intention (Studi pada Pengunjung Wisata Alam Seroja di Kabupaten Wonosobo)

*Fajar Masykur  -  Department of Business Administration, Universitas Diponegoro, Jl.Prof.Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Widiartanto Widiartanto  -  Department of Business Administration, Universitas Diponegoro, Jl.Prof.Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Saryadi Saryadi  -  Departemen Administrasi Bisnis, Universitas Diponegoro, Semarang., Indonesia
Open Access Copyright 2022 Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract
Wisata Alam Seroja adalah salah satu destinasi wisata alam di Wonosobo. Berdasarkan data kunjungan wisatawan mulai dari tahun 2016 sampai dengan tahun 2020 Wisata Alam Seroja mengalami tingkat kunjungan yang sangat fluktuatif, terlebih lagi di tahun 2020 mengalami penurunan yang sangat drastis akibat adanya pandemi Covid-19. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh antara destination image dan fasilitas wisata terhadap revisit intention pada pengunjung Wisata Alam Seroja. Tipe penelitian ini adalah explanatory research dengan teknik pengambilan sampel snowball sampling, purposive sampling, dan accidental sampling. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dibagi menjadi 2 yaitu dengan cara online dan offline (secara langsung). Jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 100 pengunjung Wisata Alam Seroja. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa destination image dan fasilitas wisata berpengaruh positif baik secara parsial ataupun simultan terhadap revisit intention, dimana ketika bersama-sama destination image memiliki pengaruh paling besar. Secara parsial destination image menyumbang 54,4% dan fasilitas wisata sebesar 34,3% terhadap revisit intention. Sedangkan secara simultan destination image dan fasilitas wisata menyumbang sebesar 54,6% terhadap revisit intention. Berdasarkan hasil tersebut maka disarakan agar Wisata Alam Seroja dapat memperbaiki terlebih dahulu citra atau image yang dimiliki sehingga dapat menarik perhatian para wisatawan untuk berkunjung.
Fulltext View|Download
Keywords: Destination Image; Fasilitas Wisata; Revisit Intention

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.