skip to main content

Pengaruh Variasi Produk terhadap Pembelian Ulang dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Konsumen Supermaket Toko Pomo Boyolali)

*Gurit Pawarti  -  Jurusan Administrasi Bisnis, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275", Indonesia
Ngatno Ngatno  -  Jurusan Administrasi Bisnis, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275", Indonesia
Sudharto P Hadi  -  Jurusan Administrasi Bisnis, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275", Indonesia
Open Access Copyright 2022 Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman, menyebabkan terjadinya peningkatan pertumbuhan ekonomi salah satunya dibidang perdagangan. Pertumbuhan perdagangan dapat mendorong kebutuhan dan keinginan konsumen yang sangat beragam, sehingga pusat perbelanjaan juga semakin tumbuh secara pesat. Salah satu tempat berbelanja kebutuhan konsumen ialah Supermarket Toko Pomo, Boyolali. Toko Pomo merupakan penyedia kebutuhan sehari-hari pokok dan non pokok yang berada di kota Boyolali. Tujuan penelitian ini dilakukan guna mengetahui pengaruh variasi produk (X) terhadap pembelian ulang (Y) dengan kepuasan konsumen (Z) sebagai variabel intervening studi pada Konsumen Supermarket Toko Pomo Boyolali. Tipe penelitian Explanatory Research dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui google form dan wawancara. Teknik pengumpulan sampel menggunakan Nonprobability Sampling dengan jenis teknik sampling insidental dan purposive sampling, sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 100 responden konsumen yang telah melakuakan pembelian berulang. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji korelasi, uji determinasi, uji regresi linier sederhana, uji t dan uji sobel dengan bantuan aplikasi komputer yaitu Statistical Product and Service Solution atau SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa variasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan hasil uji determinasi sebesar 31,3%. Variasi produk memberikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian ulang dengan hasil uji determinasi sebesar 36,6%. Variabel kepuasan konsumen memberikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian ulang dengan hasil uji determinasi sebesar 51,8% dan melalui uji sobel diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh variasi produk terhadap pembelian melalui kepuasan konsumen dengan nilai t hitung 4,804 dan Nilai p-value sebesar 0,00000155. Kesimpulanya ialah variasi produk mempengaruhi pembelian ulang melalui kepuasan konsumen. Terdapat beberapa saran yang diberikan kepada Supermarket Toko Pomo yaitu perlu menambahkan varian produk dan ukuran produk yang lebih beragam, perlu menyediakan pembelian via online dan menyediakan wadah kotak kritik saran. Kata kunci: variasi produk, pembelian ulang, kepuasan konsumen.

Fulltext View|Download
Keywords: customer satisfaction, product variation, repeat purchase
Funding: Universitas Diponegoro

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.