skip to main content

Pengaruh Brand Experience dan Harga terhadap Keputusan Penggunaan Maskapai Penerbangan Citilink (Studi pada Pengguna Maskapai Penerbangan Citilink di Kota Semarang)

*Nur Amalina  -  Department of Business Administration, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Apriatni Endang Prihatini  -  Department of Business Administration, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Ari Pradhanawati  -  Department of Business Administration, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Open Access Copyright 2022 The Authors

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Maskapai penerbangan bertarif rendah (LCC) selalu diminati oleh masyarakat Indonesia, salah satunya maskapai penerbangan Citilink. Namun, dilihat dari posisi Top Brand Index dalam 5 tahun terakhir dari tahun 2016-2020 Citilink belum mampu menciptakan kekuatan brand karena tetap berada di bawah posisi maskapai penerbangan pesaing sejenis, yaitu Lion Air. Maskapai penerbangan Citilink sebagai salah satu penerbangan yang menerapkan low cost carrier ternyata jika dibandingkan dengan maskapai penerbangan pesaing, maskapai penerbangan Citilink menawarkan harga yang lebih tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand experience dan harga terhadap keputusan penggunaan maskapai penerbangan Citilink. Tipe penelitian ini adalah explanatory research dan pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dengan purposive sampling&snowball sampling. Teknik pengumpulan data dengan metode kuesioner menggunakan google form. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif dengan uji validitas, uji reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, regresi linier sederhana dan berganda, serta signifikasi uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan variabel brand experience dan harga terhadap keputusan penggunaan memiliki pengaruh yang kuat. Namun, kedua variabel independen tersebut belum dapat dikatakan sangat baik karena terdapat beberapa persepsi negatif dari responden. Maskapai penerbangan Citilink perlu meningkatkan dan memperhatikan brand experience penumpang dengan desain interior yang dikemas seindah mungkin agar nyaman di mata penumpang serta aktif dalam menyiarkan slogan/tagline Citilink dan menetapkan & menyesuaikan harga yang ditawarkan kepada konsumen.

Fulltext View|Download
Keywords: Brand Experience; Harga; Keputusan Penggunaan

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.