skip to main content

PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK WARDAH DI KOTA SEMARANG (Studi Pada Konsumen Kosmetik Wardah di Kota Semarang)

*Erika Vivita  -  Department of Business Administration, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Wahyu Hidayat  -  Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Abstract: Currently, cosmetics are one of the important needs for a woman because it is used to support their appearance so that they look more beautiful and attractive. This also encourages the increasing growth of the cosmetic industry in Indonesia. One of the cosmetics in Indonesia is Wardah, where Wardah cosmetic products are cosmetics from Indonesia that are labeled halal and have been spread throughout Indonesia, including in the city of Semarang. Various attempts were made by women to continue to look beautiful, one of which is by using cosmetics to beautify the face. This study was conducted to determine the effect of product quality and brand image on purchasing decisions of Wardah cosmetic products in Semarang City. This type of research is explanatory research with purposive sampling method. The data collection technique used a questionnaire to 100 respondents who had used Wardah cosmetic products at least 1 time. The data analysis method used is regression analysis using the SPSS version 25 application along with quantitative analysis. The analysis includes validity, reliability, correlation coefficient, coefficient of determination, simple and multiple regression, significance of T test and F test. The results show that product quality and brand image partially influence purchasing decisions. Based on the results of the analysis that has been done, the researchers suggest that Wardah cosmetic products are needed to improve the quality of good products so that they can provide results according to their use and can be trusted by consumers, make products that make consumers' skin not irritated, make Wardah cosmetic products can be used in the long term. a long time, making intensive communication with consumers so that the product is easily recognized so that it can attract the attention of consumers, and it is necessary to increase good attractiveness so that consumers do not switch to other products. And carry out the right strategy so that it can encourage purchasing decisions among Wardah consumers.

Keywords: product quality, brand image, purchasing decisions

 

Abstrak: Saat ini kosmetik merupakan salah satu kebutuhan penting bagi seorang wanita karena digunakan untuk menunjang penampilan mereka agar terdapat terlihat lebih cantik dan menarik. Hal ini juga yang mendorong meningkatnya pertumbuhan industri kosmetik di Indonesia. Salah satu kosmetik yang ada di Indonesia adalah Wardah yang dimana produk kosmetik Wardah ini merupakan kosmetik dari Indonesia yang berlabel halal dan sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia termasuk di Kota Semarang. Berbagai usaha pun dilakukan wanita untuk terus tampil cantik salah satunya yaitu dengan menggunakan kosmetik untuk mempercantik wajah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Wardah di Kota Semarang. Tipe penelitian ini adalah explanatory research dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner kepada 100 responden yang pernah menggunakan produk kosmetik Wardah sebanyak minimal 1 kali. Metode analisis data yang digunakan adalah analissis regresi dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 25 beserta analisis kuantitatif. Analisis yang dilakukan meliputi uji validitas, reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, regresi sederhana dan berganda, signifikansi uji T dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan citra merek secara parsial mempengaruhi keputusan pembelian. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, peneliti menyarankan kepada produk kosmetik Wardah diperlukan dapat meningkatkan kualitas produk yang baik sehingga dapat memberikan hasil sesuai kegunaannya dan dapat dipercaya oleh konsumen, membuat produk yang membuat kulit konsumen tidak mengalami iritasi, membuat produk kosmetik Wardah dapat dipakai dalam jangka waktu yang lama, membuat komunikasi secara intensif dengan konsumen agar produk mudah dikenal sehingga dapat menarik perhatian konsumen, dan perlu meningkatkan daya tarik yang baik agar konsumen tidak berpindah ke produk yang lain. Serta melakukan strategi yang tepat sehingga bisa mendorong terjadinya keputusan pembelian di kalangan konsumen Wardah.

Kata kunci : kualitas produk, citra merek, keputusan pembelian
Fulltext View|Download
Keywords: product quality; brand image; purchasing decisions

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.