skip to main content

Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Pada Portobello Cafe Semarang

*Rayhan Hasbi  -  Departement Business Diponegoro, Diponegoro University, Indonesia
Sudharto P. Hadi  -  Departement Business Diponegoro, Diponegoro University, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Abstract: Food and beverage business experienced a huge progress because they innovate the product to attract consumer. Portobello is a restaurant that serves western food especially Italian food, for example is pasta, pizza, and others. Based on data, Portobello is having fluctuating sales. Therefore researcher suspect that service quality and price variable is causing the fluctuating sales. This research is aim to determine the influence of service quality and price on purchase decision in Portobello. The type of this research is explanatory research and using purposive sampling. The sample used for this research is 100 respondent and this research is using SPSS 22 Version. The result of this research showed us that the quality service and price is affecting purchase decision. This can be proven by regression analyst for individual variable quality service and price which is the result is 0,664(X1) and 0,858 (X2.

 

Keywords: service quality, price, and purchase decision

 

Abstrak: Bisnis Food and Beverage mengalami perkembangan pesat yang di dasari oleh perkembangan zaman yang pesat. Industri makanan berkembang pesat karena keragaman inovasi produk yang di tawarkan untuk menarik konsumen.. Portobello adalah restoran lokal yang menawarkan berbagai macam makanan western khususnya Itali. Menu yang di tawarkan pun sangat bervariasi seperti pasta, pizza dan makanan western lainnya. Menurut data pendapatan Portobello mengalami penjualan yang fluktuatif. Di duga bahwa variabel kualitas pelayanan dan harga mempengaruhi hasil penjualan yang fluktuatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap keputusan pembelian pada konsumen Portobello. Tipe penelitian ini adalah explanatory research dan menggunakan Teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan didalam penelitian ini adalah sebanyak 100 responden dan penelitian ini menggunakan SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap keputusan pembelian. Hal ini dapat di buktikan dari hasil analisis regresi sederhana variabel kualitas pelayanan dan variabel harga  yang menghasilkan nilai regresi sebesar 0,664 dan 0,858(X2)

 

Kata Kunci: kualitas pelayanan, harga, dan keputusan pembelian

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext View|Download |  common.other
Untitled
Subject
Type Other
  Download (2MB)    Indexing metadata
Keywords: service quality, price, and purchase decision

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.