skip to main content

Pengaruh Celebrity Endorser, Electronic Word of Mouth, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Koesmetik Wardah di Kota Semarang)

*Keviana Fatmanissa Zahra  -  Department of Business Administration, Universitas Diponegoro, Indonesia
Sari Listyorini  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Robetmi Jumpakita Pinem  -  Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Abstract: Currently, cosmetics are one of the most important needs for a woman because they are used to support their appearance so that they look more beautiful and attractive. This is also what drives the growth of the cosmetics industry in Indonesia. One of the cosmetics in Indonesia is Wardah which Wardah is a cosmetics from Indonesia that is labeled halal and has spread throughout Indonesia, including in the city of Semarang. This study aims to determine the effect of celebrity endorser, electronic word of mouth, and price on purchasing decisions for Wardah cosmetic products. This type of research is explanatory research and sampling using nonprobability sampling techniques and purposive sampling method. Data collection using google form and samples in this study were 100 respondents of consumers of Wardah cosmetic products in the city of Semarang. This study uses quantitative and qualitative analysis with validity, reliability, correlation coefficient, determination coefficient, simple regression, multiple regression, and the significance of the t test and f test. The result of this study indicate that the variable celebrity endorser, electronic word of mouth, and price have an effect on purchasing decisions for Wardah cosmetic products. Based on these results, Wardah is advised to improve quality by increasing the variety of products with many choices so that female consumers of Wardah cosmetic products in Indonesia are satisfied when they have several alternative choices. And besides that, it is also more aggressive in promoting various existing media and to carry out the right strategy so that it can encourage purchasing decisions among Wardah consumers.

 

Keywords: celebrity endorser; electronic word of mouth; price; purchase decision

 

Abstrak: Saat ini kosmetik merupakan salah satu kebutuhan penting bagi seorang wanita karena digunakan untuk menunjang penampilan mereka agar terdapat terlihat lebih cantik dan menarik. Hal ini juga yang mendorong meningkatnya pertumbuhan industri kosmetik di Indonesia. Salah satu kosmetik yang ada di Indonesia adalah Wardah yang Wardah ini merupakan kosmetik dari Indonesia yang berlabel halal dan sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia termasuk di Kota Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser, electronic word of mouth, dan harga terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Wardah. Tipe penelitian ini adalah explanatory research dan pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dan metode purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan google form dan sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden konsumen produk kosmetik Wardah di Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif dengan uji validitas, reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, regresi sederhana, regresi berganda, dan signifikansi uji t dan uji f. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel celebrity endorser, electronic word of mouth, dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Wardah. Berdasarkan hasil tersebut maka Wardah disarankan untuk meningkatkan kualitas dengan menambah variasi ragam produk yang banyak pilihannya sehingga konsumen perempuan produk kosmetik Wardah di Indonesia ini merasa puas ketika memiliki beberapa alternatif pilihan. Serta selain itu juga lebih gencar untuk melakukan promosi pada berbagai macam media yang ada dan an melakukan strategi yang tepat sehingga bisa mendorong terjadinya keputusan pembelian di kalangan konsumen Wardah.

Kata Kunci: celebrity endorser; electronic  word of mouth;  harga; keputusan pembelian

Fulltext View|Download
Keywords: celebrity endorser; electronic word of mouth; price; purchase decision

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.