skip to main content

Pengaruh Design Produk, Harga Virtual Terhadap Repurchase Intention Virtual Item Melalui Kepuasan Game Sebagai Variabel Intervening Pada Game Online “PUBG M” (Studi Pada Masyarakat Kota Bontang)

*Farhan Savero Atha Rainga  -  Business Administration, Universitas Diponegoro, Indonesia
Widiartanto Widiartanto  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract

Abstract: This research is motivated by the low purchase of virtual item applications in the PUBG M online game. The PUBG M online game has a total download rate of 600 million, but the purchases are far below game fortnite. This study aims to see the effect of product design and virtual prices on virtual item repurchase intentions through game satisfaction as an intervening variable at PUBG M. This type of research is explanatory research and sampling using nonprobability sampling techniques. Data collection was carried out using questionnaires and google forms. The sample used is 100 respondents who have bought virtual items at PUBG M. This research uses validity test, reliability test, correlation coefficient, coefficient determinant, simple regression, multiple regression, significance test, and f test, path analysis and sobel test. The results of this study indicate that product design does not have a significant effect on repurchase intention through the game satisfaction intervening variable, while price has a significant effect on repurchase intention through the game satisfaction intervening variable. Based on the recapitulation of respondents, the suggestions for design improvement are in line with what consumers expect and not only the results of an assessment of products that only change color. Researchers also suggest adjusting the available virtual prices and not making consumers agree to buy virtual goods because prices are so high and volatile. Then he hopes that Tencent as the developer of PUBG M will help improve the PUBG M graphics so that the frame drop is not easy so that it can spoil the fun of playing.

 

Keywords: Product Design: Virtual Pricing; Game Satisfaction; and Repurchase Intention

 

Abstrak: Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya in app purchase virtual item pada game game online PUBG M. Game online PUBG M memiliki jumlah download mencapai 600 juta namun pembelianya hanya mencapai 20 juta dollar jauh di bawah pesaingnya Fortnite. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh design produk dan harga virtual, terhadap repurchase intention virtual item melalui kepuasan game sebagai variable intervening pada PUBG M. Tipe penelitian ini adalah explanatory research dan pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan google form. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 100 responden yang pernah membeli virtual item pada PUBG M Penelitian ini menggunakan uji validitas,uji reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinan, regresi sederhana, regresi berganda, signifikansi uji t, dan uji f, analisis path dan uji sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa design produk tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap repurchase intention melalui variable intervening kepuasan game, sedangkan harga virtual memiliki pengaruh yang signifikan terhadap repurchase intention melalui variable intervening kepuasan game. Berdasarkan hasil rekapitulasi responden, maka peneliti menyarankan memperbaiki design produk agar sesuai dengan apa yang di harpakan oleh konsumen dan tidak hanya berfokus terhadap produk yang hanya merubah warna. Peneliti juga menyarankan agar menyesuaikan harga virtual yang tersedia dan tidak membuat konsumen keberatan untuk membeli virtual item di karenakan harga yang begitu tinggi dan mudah berubah-ubah. Lalu di harapkan Tencent selaku pengembang PUBG M turut memperbaiki grafik PUBG M agar tidak gampang frame drop sehingga dapat merusak kesenangan bermain.

 

Kata Kunci: Desain Produk, Harga virtual, Kepuasan Game, dan Repurchase Intention

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext View|Download |  common.other
PENGARUH DESIGN PRODUK, HARGA VIRTUAL TERHADAP REPURCHASE INTENTION VIRTUAL ITEM MELALUI KEPUASAN GAME SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA GAME ONLINE “PUBG M” (Studi Pada Masyarakat Kota Bontang)
Subject
Type Other
  Download (1MB)    Indexing metadata
Keywords: Product Design: Virtual Pricing; Game Satisfaction; and Repurchase Intention

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.