skip to main content

Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Oppo Smartphone

*Avi Lenita Capriati  -  Departemen Administrasi Bisnis, Universitas Diponegoro, Indonesia
Handoyo Djoko Waluyo  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Open Access Copyright 2021 Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis

Citation Format:
Abstract

Abstract : Strategies that can be carried out in the form of product quality, price and promotion so as to encourage increased decision to purchase OPPO Smartphones. The type of research used is explanatory research. The sampling technique uses non-probability sampling method, the sample used in this study are users who use and have used OPPO Smartphone. Respondents in this study amounted to 100 respondents. The collection uses SPSS program assistance, which previously used validity test, reliability test, cross tabulation, correlation coefficient, determination coefficient, simple and multiple regression analysis, significance test (t test and F test). Measurement scale using Likert scale. The results showed that all variables in this study had a positive and significant influence on the dependent variable. This is indicated by the results of the multiple correlation coefficient test of 0.780. Significantly, product quality variables, price, and promotion have a positive effect indicated by the calculated F value greater than F table that is equal to 49.77> 2.70. The advice that can be given is that OPPO Smartphones should be able to continue to provide better quality or quality in the future, increasing the attractiveness of consumers in using OPPO Smartphones, and increasing the impression that OPPO Smartphones are suitable for use.

 

Keywords: Product Quality; Price; Promotion; Purchase Decision and OPPO Smartphone

 

Abstraksi: Strategi yang dapat dilakukan kualitas produk, harga dan promosi dapat mendorong menigkatnya keputusan pembelian OPPO Smartphone. Tipe penelitian yang digunakan adalah explanatory research. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah penggguna yang menggunakan dan pernah menggunakan OPPO Smartphone. Responden dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Pengumpulan menggunakan bantuan program SPSS, dimana sebelumnya menggunakan uji validitas, uji realibilitas, tabulasi silang, koefisien korelasi, koefisien determinasi, analisis regresi sederhana dan berganda, uji signifikansi (uji t dan uji F). Skala pengukuran menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh variabel dalam penelitian ini memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependennya. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji koefisien korelasi berganda sebesar 0,780. Secara signifikan, variabel kualitas produk, harga dan promosi berpengaruh positif ditunjukkan dengan nilai F hitung lebih besar dari F tabel yaitu sebesar 49,77 > 2,70. Saran yang dapat diberikan yaitu OPPO Smartphone sebaiknya dapat terus memberikan kualitas atau mutu yang lebih baik ke depannya, meningkatkan daya tarik konsumen dalam menggunakan OPPO Smartphone, dan meningkatkan kesan bahwa OPPO Smartphone layak untuk digunakan.

 

Kata Kunci: Kualitas Produk; Harga; Promosi; Keputusan Pembelian dan OPPO Smartphone

Fulltext View|Download
Keywords: Product Quality; Price; Promotion; Purchase Decision and OPPO Smartphone

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.