skip to main content

Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Mustika Ratu (Studi Pada Konsumen Mustika Ratu Di Kota Semarang)

*Ana Maulidia  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Apriatni Endang Prihatini  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Bulan Prabawani  -  Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Abstract: The research was motivated by the increasing growth of brand cosmetics and offers a variety of benefits for fulfilling the needs of beauty and skin care.Mustika Ratu“is one of the brand cosmetic that seeks to meet the needs of consumers for health and beauty care that is universally accepted as a product based on culture, natural, and modern.”Mustika Ratu’s sales has decrased in the last three years from 2017 to 2019. The purpose of this research isto determine the effect of brand quality and brand image on purchasing decision Mustika Ratu’s products.”Thistype of research is explanatory research and sampling uses non-probability sampling techniques through purposive sampling technique. The sample used was 100 respondents. Brand quality and brand image the both variable have positive and significants effect on purchasing decision.Inthis study brand quality variable has a greater effect on purchasing decision. The independent variables cannot be said to be very good, because there are still negative perceptions from respondents. Basedon the result of this research, researcher suggest that Mustika Ratu should to improve packaging, do product innovation and development. As well as increasing consumer confidence in Mustika Ratu so that consumers are sure to make Mustika Ratu the first choice and did not take long time in deciding to buy Mustika Ratu’s products.

Keywords: Product Quality; Brand Image; Purchase Decision

 

Abstrak: “Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin banyaknya produk kosmetik yang muncul dan menawarkan berbagai manfaat untuk memenuhi kebutuhan di bidang kecantikan dan kesehatan kulit.”Mustika Ratu yakni salah satu merek “kosmetik yang berusaha memenuhi kebutuhan konsumen dalam bidang perawatan kesehatan dan kecantikan yang diterima secara universal sebagai produk yang berbasis kebudayaan, alami dan modern.”Penjualan Mustika Ratu mengalami penurunan selama tiga tahun terakhir dari 2017 hingga 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk Mustika” Ratu. Tipe “penelitian ini yakni explanatory research dan mengambil sampel dengan teknik non-probability sampling melalui teknik purposive sampling. Sampel yang dipakai sebanyak 100 responden. Variabel kualitas produk dan citra merek keduanya secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.”Dalam “penelitian ini variabel kualitas produk mempunyai pengaruh yang lebih besar terhadap keputusan pembelian.” Kedua “variabel independen tersebut belum dapat dikatakan sangat baik, karena masih terdapat persepsi negatif dari responden.” Oleh karena itu,“peneliti menyarankan Mustika Ratu” sebaiknya meningkatkan penampilan kemasan, melakukan inovasi dan pengembangan, serta meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap Mustika Ratu sehingga konsumen yakin menjadikan Mustika Ratu sebagai pilihan utama dan tidak membutuhkan waktu lama dalam memutuskan membeli produk Mustika Ratu..

Kata Kunci: “Kualitas Produk; Citra Merek; Keputusan Pembelian

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext View|Download |  Research Instrument
Turnitin jurnal Ana Maulidia
Subject kualitas produk;citra merek;keputusan pembelian
Type Research Instrument
  Download (2MB)    Indexing metadata
Keywords: Product Quality; Brand Image; Purchase Decision

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.