skip to main content

Pengaruh Motivasi, Budaya Organisasi, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Dan Liris Sukohardjo (Studi Pada Karyawan Divisi Weaving)

*Maghfira Dwinintya Arini  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Sudharto Prawoto Hadi  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Open Access Copyright 2021 Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis

Citation Format:
Abstract

Abstract: The company's success can be reached by achieving the company's target. Based on data obtained from employee performance at PT. Dan Liris Sukoharjo showed a decline in 2018-2019. There are indications of a decrease in employee performance caused by motivation, organisational culture, and work environment. This type of research is explanatory research, out of 359 employees taken as many as 78 respondents into a sample who are employees of PT. Dan Liris Sukohardjo weaving division. In this research, Simple Random Sampling Technique is used to do sampling. The techniques used in collecting data are questionnaires and literature studies. This study used of IBM SPSS program version 25.0. Based on the test results simultaneously, there is a significant and positive influence between the variables of motivation, organizational culture, and work environment on employee performance. Suggestions that can be made by the company PT. Dan Liris Sukohardjo increasing motivation,  giving appreciation to employees such as awards, and giving promotions for employees who have worked well. The company needs to consider the employees to implement the applicable system, to work in accordance with the responsibilities given and also to give a proper understanding of the company culture. As for supporting a good environment, it is necessary to provide insurances for employees working with machines, and to discipline employees more to work with the tools provided. Also, the company provides a special room for machines so that other employees feel more comfortable while working.

 

Keywords : Motivation; Organizational Culture; Work Environment; Employee Performance

 

Abstrak: Keberhasilan perusahaan dapat dicapai dengan tercapainya target perusahaan.  Berdasarkan data yang diperoleh dari kinerja karyawan pada PT. Dan Liris Sukoharjo menunjukkan penurunan pada tahun 2018-2019. Terdapat indikasi penurunan pada kinerja karyawan yang disebabkan oleh motivasi, budaya organisasi dan lingkungan kerja. Tipe penelitian ini adalah explanatory research, dari 359 karyawan diambil sebanyak 78 responden menjadi sampel yang merupakan karyawan PT. Dan Liris Sukohardjo divisi weaving. Pengambilan sampel menggunakan Teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi pustaka. Penelitian ini menggunakan program IBM SPSS versi 25.0. Berdasarkan hasil uji secara simultan terdapat pengaruh signifikan dan positif antara variabel motivasi, budaya organisasi, dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan. Saran yang dapat dilakukan oleh perusahaan PT. Dan liris Sukohardjo untuk meningkatkan motivasi seperti memberikan apresiasi pada karyawan seperti penghargaan dan memberikan kenaikkan jabatan bagi karyawan yang sudah bekerja dengan baik. Perusahaan perlu memperhatikan karyawan agar dapat melaksanakan sistem yang berlaku, bekerja sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan dan memberikan pemahaman mengenai budaya yang berlaku pada perusahaan tersebut. Adapun untuk mendukung lingkungan yang baik perlu diberikan perlindungan kepada karyawan yang bekerja dengan mesin dan lebih mendisiplinkan karyawan agar bekerja dengan alat yang disediakan serta perusahaan menyediakan ruangan khusus untuk mesin agar karyawan lain lebih merasa nyaman saaat bekerja. Kinerja karyawan PT. Dan Liris Sukohardjo. hal tersebut dibuktikan dengan uii regresi berganda sebesar 0,336, 0,137, dan 0,161. Saran yang dapat dilakukan oleh perusahaan PT Dan liris Sukohardjo perlu memberikan penghargaan kepada karyawan dan jenjang karir, memastikan karyawan juga bekerja sesuai dengan aturan yang berlaku dan memberikan ruang yang nyaman bebas dari suara bising dan pencahayaan yang memadai.

 

Kata Kunci : Motivasi; Budaya Organisasi; Lingkungan Kerja; Kinerja Karyawan

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext View|Download |  Research Instrument
Untitled
Subject
Type Research Instrument
  Download (24KB)    Indexing metadata
 common.other
Pengaruh Motivasi, Budaya organisasi, dan Lingkungan kerja terhadap Kinerja karyawan pada karyawan PT. Dan Liris Sukohardjo
Subject
Type Other
  Download (42KB)    Indexing metadata
Keywords: Motivation; Organizational Culture; Work Environment; Employee Performance

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.