skip to main content

Pengaruh E-Word.Of.Mouth, Lokasi, Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Kepuasan Pengunjung Dengan Keputusan Berkunjung Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Pantai Menganti Kebumen)

*Liana Sekar Ayuningtyas  -  Diponegoro University, Indonesia
Hari Susanta Nugraha  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Open Access Copyright 2021 Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis

Citation Format:
Abstract

Abstract: The purpose of this study is to measure the effects of e-word of mouth, location, and tourist attraction to visitor’s satisfaction through visiting decisions. The type of this research is explanatory research. The population of this research is visitors who had visited Pantai Menganti, while the sample is 100 visitors who use social media using purposive sampling technique.The analysis used are multiple linear regression analysis, t test, F test, and sobel test using SPSS 26.0 for Windows. The results of this study indicate that e-word of mouth has a positive effect on visiting decisions, location has a positive effect on visiting decisions, tourist attraction has a positive effect on visiting decisions, visiting decisions have a positive effect on visitor satisfaction, e-word of mouth has a positive effect on visitor satisfaction, and tourist attraction has a positive effect on visitor satisfaction. Based on the results of multiple linear regression analysis e-word of mouth, location, and tourist attraction simultaneously have a positive effect on visiting decisions. In addition, based on the results of the sobel test is that visiting desicions is an intervening variable on visitor’s satisfaction in this study. Based on those results, it is suggested that Pantai Menganti can improve the ability to improve e-word of mouth, accessibility and its facilities, and increase the existing tourist attraction so that the level of visiting decisions increases, with high visiting decisions it will lead to visitor’s satisfaction so then they will interested to revisit Menganti Beach.

Keywords: e-word of mouth, location, tourist attraction, visitor’s satisfaction, visiting decisions

Abstraksi: Tujuan dilakukanya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh e-word of mouth, lokasi, dan daya tarik wisata terhadap kepuasan pengunjung melalui keputusan berkunjung.Tipe penelitian ini adalah explanatory research. Populasi dari penelitian ini adalah wisatawan yang pernah berkunjung ke Pantai Menganti, sedangkan sampelnya adalah 100 wisatawan yang pernah menggunakan media sosial dengan menggunakan teknik pengambilan purposive sample. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, Uji t, Uji F, dan sobel test menggunakan software SPSS 26.0 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa e-word of mouth berpengaruh positif  terhadap keputusan berkunjung, lokasi berpengaruh positif  terhadap keputusan berkunjung, daya tarik wisata berpengaruh positif terhadap keputusan berkunjung, keputusan berkunjung berpengaruh positif terhadap kepuasan pengunjung, e-word of mouth berpengaruh positif  terhadap kepuasan pengunjung, dan daya tarik wisata berpengaruh positif terhadap kepuasan pengunjung. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda e-word of mouth, lokasi, dan daya tarik wisata secara bersamaan berpengaruh positif terhadap keputusan berkunjung. Selain itu berdasarkan hasil sobel test keputusan berkunjung merupakan variabel intervening terhadap kepuasan pengunjung pada penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka disarankan agar Pantai Menganti dapat meningkatkan e-word of mouth, meningkatkan aksesbilitas dan fasilitas yang ada, dan meningkatkan daya tarik wisata yang ada sehingga tingkat keputusan berkunjung meningkat, dengan keputusan berkunjung yang tinggi maka akan menimbulkan kepuasan pada pengunjung dan berminat untuk mengunjungi Pantai Menganti.

Kata kunci : e-word of mouth, lokasi, daya tarik wisata, kepuasan pengunjung, keputusan berkunjung.

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext View|Download |  Research Instrument
The Effects of E-word of mouth, Location, and Tourist Attraction to Visitor’s Satisfaction through Visiting Decisions as Intervening Variable (Case Study on Pantai Menganti Kebumen)
Subject
Type Research Instrument
  Download (2MB)    Indexing metadata
Keywords: e-word of mouth; location; tourist attraction,; visitor’s satisfaction; visiting decisions

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.