skip to main content

Pengaruh Kualitas Produk Makanan, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rm. Rindang 84 (Studi Pada Konsumen Rm. Rindang 84 Cabang Pati)

*Nur Lia Cahyani  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Wahyu Hidayat  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Open Access Copyright 2020 Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis

Citation Format:
Abstract

Business in the culinary field is now a promising choice when looking at the level of mobility of everyone who tends to choose practicality in meeting the needs of eating or drinking. Establish a restaurant like Rindang 84 became one of the choices that could be made. The key to successfully running a culinary business in order to survive is to be able to produce and offer products or services that are tailored to the needs that pay attention to elements such as food product quality, prices, and service quality in order to improve consumer purchasing decisions This study aims to determine the effect of product quality, price, and service quality on purchasing decisions at Rindang 84 restaurant Pati branch. The population taken is all consumers who make purchases at Rindang 84 restaurant Pati branch and took a sample of 100 people with accidental sampling and purposive sampling techniques. Data analysis tools with using SPSS Software version 22. The results of this study indicate that product quality, price, and service quality have a partial influence on purchasing decisions and the variable that has the greatest influence is price on purchasing decisions.

Berbisnis pada bidang kuliner saat ini menjadi pilihan yang cukup menjanjikan jika melihat pada tingkat mobilitas setiap orang yang cenderung memilih kepraktisan dalam memenuhi kebutuhan makan atau minum. Mendirikan rumah makan seperti RM. Rindang 84 menjadi salah salah satu yang dapat dilakukan. Kunci sukses menjalankan bisnis kuliner agar dapat bertahan yaitu harus mampu menghasilkan dan menawarkan produk atau jasa disesuaikan dengan kebutuhan dengan tetap memperhatikan elemen seperti kualitas produk makanan, harga, dan kualitas pelayanan agar mampu meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk makanan, harga, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada RM. Rindang 84 cabang Pati. Populasi yang diambil yaitu seluruh konsumen yang melakukan pembelian di RM. Rindang 84 cabang Pati dan mengambil sampelnya sebanyak 100 orang dengan teknik accidental & purposive sampling. Alat analisis data menggunakan software SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk makanan, harga, dan kualitas pelayanan berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian dan variabel yang memiliki pengaruh terbesar yaitu harga terhadap keputusan pembelian.

 

 

 

 

Fulltext View|Download
Keywords: Kualitas Produk Makanan; Harga; Kualitas Pelayanan; Keputusan Pembelian

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.