skip to main content

Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah (Studi Pada Mahasiswi Fisip Universitas Diponegoro)

*Amanatun Izanah  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Widiartanto Widiartanto  -  Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Indonesia is a good market for cosmetics industry, according to data from the Ministry of Industry the local cosmetics industry experienced a 20% growth in 2017. Local company that has a place in the hearts of Indonesian people is PT. PTI with its product namely Wardah. This can be proven from various awards received by Wardah. However, from the sales data of PT. PTI , sales volume decreased by 7.53% in 2018 and 4.31% in 2019. This type of research is explanatory research, using a questionnaire as a technique of data collection.  The objective of this research is to identify the effect of Marketing Mix on Purchase Decision among Wardah customers in Social and Political Faculty of Diponegoro University. This research used non probability sampling method with purposive sampling. The population is a FISIP Undip female students and there were 100 FISIP Undip female students as the sample of Wardah customer which had been selected with several consideration. Based on the analysis of data processing with SPSS 22 explains that the product, price, and promotion variables partially have a significant effect on purchasing decisions. While the place variable partially does not significantly influence the purchase decision. Besides, product, price, place, and promotion variables simultaneously have a significant effect on purchasing decisions.

Indonesia merupakan pasar yang sangat bagus untuk industri kosmetik, menurut data Kementrian Perindustrian industri kosmetik lokal mengalami kenaikan pertumbuhan 20% pada tahun 2017. Salah satu perusahaan lokal dalam industri kosmetik adalah PT. Paragon Technology and Innovation dengan produknya yaitu Wardah. Data penjualan PT. Paragon Technology and Innovation DC Semarang, volume penjualan mengalami penurunan sebesar 7,53% pada tahun 2018 dan 4,31% pada tahun 2019. Tipe penelitian ini adalah explanatory research, dengan menggunakan kuesioner sebagai metode pengumpulan data. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara variabel Bauran Pemasaran yang terdiri dari Product, Price, Place and Promotion terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah. Metode penelitian yang digunakan yaitu Non Probability Sampling dengan teknik Purposive Sampling. Sampel yang dikumpulkan sebanyak 100 responden mahasiswi FISIP Undip pengguna Wardah. Berdasarkan hasil analisis olah data dengan SPSS 22 menjelaskan bahwa variabel product, price, dan promotion berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan variabel place berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Selain itu variabel product, price, place dan promotion berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Peneliti memberikan saran kepada pihak Wardah yaitu dengan memproduksi produk yang cocok untuk segala jenis kulit, mengurangi harga dan meningkatkan kualitas produk agar daya saingnya lebih tinggi daripada produk pesaing, memberi tanda seperti banner di outlet Wardah dan diletakkan pada tempat yang dapat dilihat konsumen, dan membuat promo bundle atau hampers pada momen tertentu.

Fulltext View|Download
Keywords: Bauran Pemasaran; Harga; Keputusan Pembelian; Produk; Promosi; Tempat

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.