slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
PENGARUH BRAND EQUITY DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL TOYOTA YARIS (Studi pada Konsumen PT. New Ratna Motor di Kota Semarang) | Nurani | Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis skip to main content

PENGARUH BRAND EQUITY DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL TOYOTA YARIS (Studi pada Konsumen PT. New Ratna Motor di Kota Semarang)

*Febri Mindi Nurani  -  , Indonesia
Sri Suryoko  -  , Indonesia
Open Access Copyright 2018 Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis

Citation Format:
Abstract
PT. New Ratna Motor sebagai ATPM mobil Toyota di daerah Jawa Tengah dan DIY juga masuk ke segmen hatchback. Toyota meluncurkan merek Yaris untuk merambah pasar mobil hatchback. Hasilnya Toyota Yaris berhasil menjadi salah satu merek yang mendominasi mobil segmen hatchback di Indonesia setelah Honda Jazz. Selama 3 tahun berturut-turut dari tahun 2013-2015 penjualan Toyota Yaris mengalami pergerakan yang fluktuatif. Penjualan Toyota Yaris pada tahun 2014 mengalami penurunan hingga 17,57%. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh brand equity (X1) dan kualitas produk (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) mobil Toyota Yaris di PT. New Ratna Motor Semarang. Tipe penelitian ini adalah explanatory research, dengan responden sebanyak 87 responden yang membeli dan menggunakan mobil Toyota Yaris. Pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan nonprobability sampling. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara dan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan menggunakan uji validitas, uji realibilitas, tabulasi silang, korelasi, koefisien determinasi, regresi sederhana, regresi berganda, uji t dan uji F dengan menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel brand equity memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian mobil Toyota Yaris sebesar 47,8%. Variabel kualitas produk juga memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian mobil Toyota Yaris sebesar 39,6%. Variabel brand equity dan kualitas produk memiliki pengaruh secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian sebesar 54,1%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persepsi konsumen tentang brand equity dan kualitas produk dalam kategori kuat dan baik serta keputusan pembelian yang tergolong cukup tinggi. Maka perusahaan disarankan untuk memperkuat brand equity dengan cara meningkatkan strategi pemasaran terutama pada peningkatan kualitas produk mobil Toyota Yaris.
Fulltext View|Download
Funding: brand equity, kualitas produk, keputusan pembelian

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.