skip to main content

PENGARUH ORIENTASI PASAR, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING DAN KINERJA PEMASARAN Pada Warung Kucingan/Angkringan Di Kota Semarang

*Rossa Amalia Fatmawati  -  , Indonesia
Ari Pradhanawati  -  , Indonesia
Ngatno Ngatno  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar, orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran pada warung kucingan (angkringan) di kota Semarang.
Tipe penelitian yang digunakan adalah explanatory research. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang responden yang menjadi pemilik warung kucingan/angkringan yang diambil secara inccidental sampling. Pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, dimana X1 menunjuk pada variable orientasi pasar, X2 pada orientasi kewirausahaan, Y1 pada keunggulan bersaing, dan Y2 pada kinerja pemasaran.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran. Orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan yang lebih baik akan meningkatkan keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran. Keunggulan bersaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran.
Fulltext View|Download
Keywords: Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Keunggulan Bersaing, Kinerja Pemasaran

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.