skip to main content

PENGARUH HARGA, KERAGAMAN MODEL PRODUK, KUALITAS INFORMASI DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA TOKO TAS ONLINE SABILLA STORE

*Cholifatun Nisak  -  , Indonesia
Nawazirul Lubis  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pertumbuhan bisnis online di Indonesia, fenomena ini
ditunjukkan dengan banyaknya toko online baru yang muncul dan bersaing. Setiap usaha
menginginkan agar usahanya dapat terus bertahan, semakin berkembang dari waktu ke waktu
akan mendapatkan keuntungan, maka dari itu Sabilla Store harus memikirkan bagaimana caranya
agar dapat tetap bertahan dan memikat banyak konsumen untuk melakukan pembelian. Secara
khusus penelitian ini membahas mengenai Sabilla Store Surakarta yang selama tahun 2012-2015
mengalami penurunan jumlah pembelian dan naik turun jumlah pembelian. Apabila hal tersebut
tidak diperbaiki dan di atasi bukan tidak mungkin akan menimbulkan masalah bagi Sabilla Store.
Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh harga, keragaman model produk, kualitas
informasi dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian online pada Sabilla Store. Tipe
penelitian ini adalah explanatory dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan
instrumen pengumpulan data berupa kuesioner. Penelitian ini menggunakan teknik analisis
kualitatif dan kuantitatif. Analisis kuantitatif menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, koefisien
korelasi, analisis regresi linier sederhana dan berganda, koefisien determinasi, uji signifikan (uji t
dan uji f).
Hasil penelitian uji statistik diperoleh hasil persamaan regresi Y=3,850 + 0,270 X1 +
0,150 X2 + 0,438 X3 + 0,118 X4 , yang dapat diartikan bahwa harga, keragaman model produk,
kualitas informasi dan kepercayaan berpengaruh terhadap keputusan pembelian online di Sabilla
Store.
Simpulan yang diperoleh antara harga, keragaman model produk, kualitas informasi, dan
kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Saran yang
disampaikan adalah Sabilla store hendaknya terus melakukan inovasi model tas untuk pemenuhan
kebutuhan konsumen dan memperbaiki kualitas informasi yang terdapat pada akun penjualannya.
Fulltext View|Download
Keywords: Harga, keragaman model produk, kualitas informasi, kepercayaan, keputusan pembelian

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.