skip to main content

Pengaruh Perbedaan Umpan dan Waktu Pengoperasian Pancing Perawai (Set Bottom Longline) terhadap Hasil Tangkapan Ikan Kakap Merah (Lutjanus spp) di Sekitar Perairan Jepara

*Choirul Rikza  -  , Indonesia
Asriyanto Asriyanto  -  , Indonesia
Taufik Yulianto  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Rawai dasar merupakan salah satu alat tangkap ikan demersal yang sudah dikenal oleh nelayan di kabupaten Jepara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hasil tangkapan ikan kakap (Lutjanus sp) terhadap penggunaan umpan dan waktu pengoperasian yang berbeda.
Penelitian ini menggunakan metode experimental fishing dengan 2 variabel yaitu jenis umpan dan waktu pengoperasian dengan 4 perlakuan yaitu (ikan juwi,udang,malam hari, siang hari). Masing-masing dilakukan dengan 6 kali ulangan. Analisis data menggunakan uji Kenormalan data dan uji ANOVA dengan SPSS 17.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa umpan ikan juwi dan udang berpengaruh terhadap hasil tangkapan ikan kakap (Lutjanus sp). Hal ini dilihat dari hasil tangkapan umpan juwi pada malam hari sebanyak 61 ekor, umpan udang pada malam hari sebanyak 74 ekor, umpan ikan juwi pada siang hari sebanyak 30 ekor dan umpan udang pada siang hari sebanyak 45 ekor. Laju pancing (hook rate) sebesar 1,87 s/d 3 menunjukkan cukup baik.
Fulltext View|Download
Keywords: jenis umpan, waktu pengoperasian, hook rate, kakap merah (Lutjanus sp).

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.