slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
ANALISIS KINERJA SATUAN PENGAWAS SUMBERDAYA KELAUTAN DAN PERIKANAN (SDKP) TERKAIT PERIKANAN TANGKAP DI PELABUHAN PERIKANAN NUSANTARA (PPN) KARANGANTU KOTA SERANG, BANTEN | Nur Fajriah | Journal of Fisheries Resources Utilization Management and Technology skip to main content

ANALISIS KINERJA SATUAN PENGAWAS SUMBERDAYA KELAUTAN DAN PERIKANAN (SDKP) TERKAIT PERIKANAN TANGKAP DI PELABUHAN PERIKANAN NUSANTARA (PPN) KARANGANTU KOTA SERANG, BANTEN

*Tria Nisma Nur Fajriah  -  Departemen Perikanan Tangkap, Indonesia
Herry Boesono  -  Departemen Perikanan Tangkap, Indonesia
Faik Kurohman  -  Departemen Perikanan Tangkap, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Tindak pidana perikanan meliputi tindakan pencurian atau IUU (Illegal, Unreported, dan Unregulated) serta kerusakan yang dilakukan oleh pihak- pihak yang tidak bertanggung jawab masih banyak terjadi di Indonesia. Salah satu cara pengontrolan dan pengawasan yang diberikan Satwas SDKP Serang dalam menanggulangi tindak pidana perikanan adalah, dengan memberikan pelayanan publik, berupa mewajibkan pembuatan Surat Laik Operasi (SLO), dan Lembar Verifikasi Hasil Pendaratan Ikan (LVHPI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kualitas pelayanan dan kepuasan pengguna jasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, sementara metode pengampilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel yang digunakan adalah 78 responden. Analisis data yang digunakan adalah Servqual, Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan secara keseluruhan sebesar 0,093 yang merupakan hasil perbandingan antara harapan dan kinerja, yang berarti pelayanan yang diberikan Satwas SDKP Serang sudah baik. Analisis CSI (Customer Satisfaction Index) menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pengguna jasa terhadap kinerja Satwas SDKP Serang di PPN Karangantu senilai 84,58% yang berarti pengguna jasa sudah sangat puas, karena pelayanan sudah memenuhi kebutuhan nelayan. Namun harus ada fokus peningkatan kinerja pada atribut yang masuk dalam kuadran prioritas tinggi (A). Peningkatan tersebut dimaksudkan agar tingkat kepuasan pengguna akan lebih tinggi atau lebih memuaskan. Capaian kinerja berdasarkan indikator kinerja utama di Satwas SDKP Serang sudah sesuai dengan target yang telah ditentukan. Kinerja yang perlu ditingkatkan adalah mengenai sarana dan prasana dalam menunjang pengawasan dan penambahan sumberdaya manusia di Satwas SDKP Serang.
Fulltext View|Download
Keywords: Satwas SDKP Serang; Kinerja; Servqual; CSI; IPA.

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.