skip to main content

ANALISIS TINGKAT KEPUASAN NELAYAN TERHADAP FASILITAS PELABUHAN PERIKANAN NUSANTARA (PPN) BRONDONG, LAMONGAN

*Richmalia Alfiana  -  , Indonesia
Dian Wijayanto  -  Departemen Perikanan Tangkap, Indonesia
Bogi Budi Jayanto  -  Departemen Perikanan Tangkap, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Brondong merupakan salah satu pelabuhan perikanan tipe B yang ada di Indonesia. Dalam mendukung operasional penangkapan ikan, PPN Brondong memiliki peranan penting dalam pelayanan penyediaan kebutuhan melaut. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2016 di PPN Brondong, Lamongan Jawa Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yang bersifat studi kasus. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis tingkat kepuasan nelayan terhadap pelayanan penyediaan kebutuhan melaut (solar, air bersih, es sdan fasilitas jasa) di PPN Brondong. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Pengolahan dan analisis data menggunakan Customer Satisfaction Indeks (CSI), Importance and Performance Analysis (IPA). Responden yang dipilih dalam penelitian ini berjumlah 82 nelayan yang diperoleh dengan menggunakan rumus Slovin. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa fasilitas pokok, fungsional, dan penunjang di PPN Brondong kondisinya baik. Tingkat kepuasan nelayan terhadap pelayanan kebutuhan solar 75,44% (puas), kebutuhan es 73,70% (puas), kebutuhan air bersih 70,01% (puas), pelayanan fasilitas dan jasa 71,33% (puas). Artinya nelayan puas dengan pelayanan di PPN Brondong
Fulltext View|Download
Keywords: PPN Brondong, Customer Satisfication Indeks, Importance Performance Analysis

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.