slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PELABUHAN PERIKANAN PANTAI (PPP) MORODEMAK, KABUPATEN DEMAK | Saputri | Journal of Fisheries Resources Utilization Management and Technology skip to main content

ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PELABUHAN PERIKANAN PANTAI (PPP) MORODEMAK, KABUPATEN DEMAK

*Deby Weviditya Saputri  -  g, Indonesia
Azis Nur Bambang  -  Departemen Perikanan Tangkap, Indonesia
Sulistyani Dyah Pramitrasari  -  Departemen Perikanan Tangkap, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Pelabuhan perikanan sebagai pusat kegiatan perikanan dituntut untuk memberikan kualitas pelayanan yang prima kepada seluruh masyarakat perikanan, terutama nelayan sebagai pengguna fasilitas-fasilitas yang ada di pelabuhan menginginkan pelayanan yang optimal dari pengelolaan pelabuhan, sehingga setiap pelabuhan perikanan dituntut untuk dapat memberikan pelayanan yang cepat, tepat, dan efisien. Pelayanan yang diberikan pelabuhan perikanan antara lain berupa jasa-jasa mulai ikan didaratkan sampai ikan didistribusikan. Penelitian ini dilakukan secara deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi fasilitas pokok, fungsional, dan penunjang yang ada di Pelabuhan Perikanan Pantai Morodemak, menganalisis tingkat kualitas pelayanan Fasilitas Pokok, Fungsional, dan Penunjang, serta mengetahui peningkatan kinerja di PPP Morodemak. Kualitas pelayanan pelabuhan di analisis berdasarkan nilai Customer Satisfaction Indeks (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, tingkat kualitas pelayanan di Pelabuhan Perikanan Pantai Morodemak berdasarkan perhitungan CSI untuk masing-masing atribut pelayanan untuk Fasilitas Pokok sebesar 65,2% dengan kriteria kepuasan nelayan  dari 0,51 – 0,65 yang  berarti cukup puas, Fasilitas Fungsional sebesar 70,6% dengan kriteria kepuasan nelayan dari 0,66 – 0,88 yang berarti puas, dan Fasilitas Penunjang sebesar 66% dengan kriteria kepuasan nelayan dari 0,51 – 0,65 yang berarti cukup puas. Hasil analisis IPA Fasilitas Pokok dan Penunjang mendominasi pada kuadran IV (berlebihan) dan Fasilitas Fungsional mendominasi pada kuadran I (prioritas utama). Penilaian pelayanan ketiga fasilitas tersebut nelayan merasa puas dengan pelayanan dari pihak pengelolaan pelabuhan di PPP Morodemak.

Fulltext View|Download
Keywords: Kualitas Pelayanan Pelabuhan Perikanan, Customer Satisfaction Indeks, Importance Performances Analysis

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.