skip to main content

ANALISIS TINGKAT KEPUASAN NELAYAN TERHADAP FUNGSI PELABUHAN PERIKANAN NUSANTARA PEKALONGAN BERDASARKAN PERATURAN MENTERI KELAUTAN DAN PERIKANAN NOMOR PER.08/MEN/2012

*Fandy Kurniawan  -  , Indonesia
Imam Triarso  -  Departemen Perikanan Tangkap, Indonesia
Faik Kurohman  -  Departemen Perikanan Tangkap, Indonesia

Citation Format:
Abstract

PPN Pekalongan merupakan pusat pendaratan ikan yang berlokasi di Pekalongan, Jawa Tengah. Pelabuhan perikanan bukan hanya menyediakan fasilitas untuk aktivitas pendaratan, maupun pengolahan perindustrian hasil tangkapan tetapi juga memberikan pelayanan yang optimal terhadap pengguna pelabuhan perikanan khususnya nelayan. Pemerintah telah menetapkan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan nomor PER.08/MEN/2012 tentang fungsi Pelabuhan Perikanan Nusantara. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi kondisi fasilitas pelabuhan, menganalisis tingkat kepuasan nelayan terhadap fungsi Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan berdasarkan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor PER.08/MEN/2012. Penelitian dilakukan pada tanggal 9 -14 Mei 2016. Metode penelitian adalah metode deskriptif dengan mendiskripsikan kepuasan nelayan sebanyak 45orang terhadap fungsi pelabuhan. Analisis data menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI) untuk mengetahui besarnya tingkat kepuasan nelayan dan Importance and Performance Analysis (IPA) untuk mengetahui atribut fungsi yang dianggap penting oleh nelayan. Terdapat 20 atribut fungsi yang diteliti tercantum dalam Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan nomor PER.08/MEN/2012. Tingkat kepuasan nelayan terhadap fungsi pelabuhan menunjukkan nilai 64,2 % (cukup puas). 

Fulltext View|Download
Keywords: Customer Satisfaction Index; Importance and Performance Analysis; PPN Pekalongan

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.