skip to main content

ANALISIS KINERJA PANGKALAN PENGAWASAN SUMBER DAYA KELAUTAN DAN PERIKANAN (PSDKP) DI POS PELAYANAN PSDKP PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA NIZAM ZACHMAN, JAKARTA

*Irliyani Irliyani  -  , Indonesia
Bambang Argo Wibowo  -  Departemen Perikanan Tangkap, Indonesia
Dian Ayunita Nugraheni Nurmala Dewi  -  Departemen Perikanan Tangkap, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan merupakan salah satu organisasi publik yang menyediakan pelayanan jasa, yang menyediakan pelayanan jasa untuk pengurus surat kapal, seperti penerbitan Surat Laik Operasi (SLO), penerbitan Surat Keterangan Aktivasi Transmitter (SKAT) penerbitan Surat Keterangan Distribusi Ikan (SKDI), dan penerbitan Lembar Verifikasi Hasil Pendaratan Ikan (LVHPI). Penelitian ini dilaksanakan selama bulan Maret-April 2017 yang bertempat di Pangkalan PSDKP Jakarta, dan bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan Pangkalan PSDKP Jakarta dengan Analisis Servqual dan Diagram Kartesius. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, sementara metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel yang digunakan adalah 30 responden. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan secara keseluruhan sebesar 92,53 % yang merupakan hasil perbandingan antara skor harapan dan pesepsi, yang digunakan untuk menentukan prioritas yang mempengaruhi kepuasan pelanggan. Analisis skor Servqual dapat dilihat bahwa skor harapan pengguna jasa Pangkalan PSDKP Jakarta sebesar 1671, sedangkan persepsi sebesar 1545, sehingga skor Servqual yang didapat adalah -126, skor ini menunjukkan kinerja Pangkalan PSDKP Jakarta sangat baik. Analisis Diagram Kartesius menunjukkan bahwa dimensi kehandalan berada pada kuadran A, yang berarti menjadi prioritas utama peningkatan kinerja Pangkalan PSDKP Jakarta seperti persyaratan penerbitan surat-surat yang terlalu banyak, kemudian dimensi empati, daya tanggap, dan wujud berada pada kuadran B yang berarti mempertahankan prestasi seperti ketepatan waktu, identitas petugas, serta kemampuan pegawai dalam melayani, dan untuk dimensi keyakinan berada pada kuadran C yang berarti merupakan prioritas rendah seperti biaya untuk penerbitan surat yang tidak terlalu dipentingkan oleh pengguna jasa.
Fulltext View|Download
Keywords: Kinerja; Pangkalan PSDKP; Servqual; Diagram Kartesius.

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.