skip to main content

ANALISIS VALUE CHAIN KOMODITAS IKAN TERI (Stolephorus sp.) YANG BERPANGKALAN DI TPI TASIK AGUNG, REMBANG JAWA TENGAH

*Adib Khairushubhi  -  , Indonesia
Dian Wijayanto  -  Departemen Perikanan Tangkap, Indonesia
Trisnani Dwi Hapsari  -  Departemen Perikanan Tangkap, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Komoditas ikan Teri adalah salah satu komoditas utama yang memiliki nilai jual yang tinggi, dalam distribusi komoditas Teri di Kabupaten Rembang terdapat banyak komponen yang terlibat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis saluran distribusi, marjin pemasaran, dan keuntungan dari para pelaku usaha ikan Teri dengan metode analisis rantai nilai. Metode yang digunakan adalah deskriptif bersifat studi kasus. Metode penentuan sampel responden menggunakan metode kombinasi Accidental sampling  dan Sesus. Hasil penelitian yang didapat bahwa terdapat tiga jenis saluran distribusi pemsaran ikan Teri (Stolephorus sp.) yaitu saluran pemasaran 1 terdiri dari: nelayan, pedagang besar, industri pengolahan ikan, pedagang eceran ikan olahan, dan konsumen ikan olahan. Saluran pemasaran 2, yaitu: nelayan, bakul, pedagang eceran ikan segar, dan konsumen ikan segar, dan saluran pemasaran 3 yaitu nelayan, pedagang eceran, dan konsumen.. Marjin pemasaran komoditas ikan Teri di TPI Tasik Agung Rembang, pada saluran pemasaran 1 adalah 71%. Margin pemasaran pada saluran pemasaran 2 adalah 78%, dan Margin pemasaran pada saluran pemasaran 3 adalah 52%. Analisis rantai nilai menunjukkan bahwa populasi yang menikmati keuntungan terbesar adalah nelayan juragan yaitu sebesar 38,75% dan terkecil adalah nelayan ABK yaitu sebesar 12,18%. Pelaku usaha yang menikmati keuntungan per individu terbesar adalah bakul sebesar 2.10% dan terkecil nelayan ABK sebesar 0,03%
Fulltext View|Download
Keywords: Tasik Agung, Teri nasi, Rantai Nilai

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.