Memaknai Dominasi Maskulin dalam Komedi Situasi Tetangga Masa Gitu

Published: 5 Oct 2015.
View
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Statistics: 82 86
Abstract

Komedi situasi merupakan program acara televisi yang saat ini digemari oleh masyarakat. Penelitian ini mengkaji tentang nilai – nilai dominasi maskulin yang terdapat dalam komedi situasi Tetangga Masa Gitu. Penelitian ini dilakukan karena melihat tingginya angka perceraian di Indonesia dan hal tersebut dimulai dari pihak istri yang merasa didominasi oleh laki – laki. Nilai – nilai dominasi maskulin tersebut juga sering terlihat dalam berbagai program – program televisi termasuk program komedi. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini, yaitu mendeskripsikan teks yang digunakan untuk memaknai nilai – nilai dominasi maskulin dalam tayangan komedi situasi Tetangga Masa Gitu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode analisis semiotika. Teknik analisis data yang dilakukan untuk mendeskripsikan teks menggunakan teori John Fiske, yakni “The Codes Of Television” dengan menganalisis teks dalam televisi menjadi tiga level, yaitu level realitas, level representasi, dan level ideologi.
Temuan atas penelitian ini menghasilkan bahwa setiap level yang dianalisis pada tiga episode yang dipilih pada komedi situasi Tetangga Masa Gitu terdapat nilai – nilai dominasi maskulin di dalamnya. Level – level tersebut mendeskripsikan dominasi maskulin dalam Tetangga Masa Gitu meliputi nilai – nilai maskulinitas, konstruksi sosial tubuh laki – laki dan perempuan, peran gender dalam sebuah perkawinan, tatanan sosial pembagian kerja laki laki dan perempuan, kekerasan simbolik pada perempuan, dan perlawanan perempuan terhadap dominasi maskulin.

Keywords: Televisi, Komedi Situasi, Dominasi Maskulin, Semiotika, Tetangga Masa Gitu

Article Metrics: