Efektifitas Terpaan Publisitas Kegiatan Filantropi PT Sido Muncul dan Brand Trust Terhadap Loyalitas Konsumen Tolak Angin di Kota Semarang

Published: 2 Oct 2015.
View
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Statistics: 45 54
Abstract

Loyalitas konsumen Tolak Angin dapat dikatakan rendah, oleh karena itu PT Sido
Muncul melakukan berbagai kegiatan untuk mendekatkan Tolak Angin pada masyarakat,
salah satunya adalah dengan melakukan kegiatan filantropi dan menumbuhkan kepercayaan
konsumen akan merek Tolak Angin. Lalu, seberapa besar efektifitas terpaan publisitas
kegiatan filantropi PT Sido Muncul dan brand trust terhadap loyalitas konsumen Tolak
Angin di Kota Semarang?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji seberapa besar efektifitas terpaan
publisitas kegiatan filantropi PT Sido Muncul dan brand trust terhadap loyalitas konsumen
Tolak Angin di Kota Semarang.
Boundary Spanning Public Relations Theory dan Commitment-Trust Theory
digunakan untuk menjelaskan efektifitas terpaan publisitas kegiatan filantropi PT Sido
Muncul dan brand trust terhadap loyalitas konsumen Tolak Angin di Kota Semarang.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Tolak Angin di Kota Semarang yang terterpa
publisitas kegiatan filantropi yang dilakukan oleh PT Sido Muncul yang diambil sebanyak 50
orang, dengan teknik purposive sampling.
Analisis Regresi Linear Berganda digunakan untuk melakukan uji hipotesis. Uji
hipotesis menunjukkan nilai signifikansi variabel terpaan publisitas kegiatan filantropi PT
Sido Muncul adalah 0,158 atau lebih besar dari α (0,05), sehingga terpaan publisitas kegiatan
filantropi PT Sido Muncul tidak mempengaruhi loyalitas konsumen Tolak Angin di Kota
semarang. Sedangkan, nilai signifikansi variabel brand trust adalah 0,000 atau lebih kecil
dari α (0,05), sehingga brand trust mempengaruhi loyalitas konsumen Tolak Angin di Kota
Semarang.
Variasi variabel dependen yang dapat dijelaskan oleh kedua variabel independen
adalah sebesar 34%, brand trust memberikan sumbangan relatif sebesar 32, 7% dan
sumbangan efektif sebesar 11,11 %.

Keywords: terpaan publisitas; brand trust; loyalitas konsumen

Article Metrics: