Pembuatan Dan Pengelolaan Website Wawasan.Co (Marketing Communication)
Published: 29 Sep 2015.

Abstract
Portal berita online merupakan bentuk lain dari surat kabar online. Portal berita online saat ini dinilai lebih efisien karena sudah mulai banyak masyarakat yang meninggalkan surat kabar cetak dan beralih ke portal berita online yang dapat diakses dimana pun dan kapan pun. Bekerja sama dengan Harian Wawasan Semarang, dibuatlah sebuah portal berita online Wawasan.co. Wawasan.co bersegmentasi pada anak muda Jawa Tengah, khususnya Semarang yang berisi informasi lokal Jawa Tengah dalam delapan rubrik. Wawasan.co dibuat untuk menyediakan berita terkini dan berbagai informasi seputar Jawa Tengah melalui website yang dapat diakses oleh khalayak dan juga untuk mengembangkan keberadaan website Koranwawasan.com sebelumnya. Dalam pengelolaan Wawasan.co diperlukan adanya peran marketing communication dalam rangka memasarkan produk yang dapat dijual dan diberikan kepada khalayak. Marketing communication bertugas untuk melakukan kegiatan promosi website Wawasan.co dalam empat media sosial yaitu Facebook, Instagram, Twitter, dan Youtube. Kemudian, terdapat seorang reporter 3 yang bertugas melakukan kegiatan liputan mulai dari menulis artikel hingga mengambil foto/gambar pada rubrik Tahukah Kamu, Kuliner, Musik dan Film, dan sub rubrik Alam. Selain itu, tugas sebagai admin 3 yang mengelola media sosial sebagai sarana promosi kegiatan dan juga mengunduh berita ke rubrik Utama. Secara keseluruhan proses pembuatan dan pengelolaan portal berita online Wawasan.co berjalan dengan lancar dari mulai pra riset hingga evaluasi. Dikatakan berhasil karena hasil evaluasi dari Wawasan.co yaitu sebesar 93 persen khalayak tahu keberadaan Wawasan.co dan 95 persen berminat untuk mengunjungi Wawasan.co.
Keywords: Portal Berita Online, Jawa Tengah, Wawasan, Marketing Communication
Article Metrics:
Others articles
PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN SMARTPHONE DAN PENGAWASAN ORANGTUA TERHADAP PERILAKU ANTISOSIAL (Kasus penggunaan Smartphone dan Pengawasan Orangtua Siswa SMP Purnama 3 Semarang terhadap Munculnya Perilaku Antisosial)
Hubungan Daya Tarik Endorser dan Citra Merek dengan Minat Beli Wardah Cosmetics
Hubungan Intensitas Menonton Tayangan Drama Seri Korea di Televisi dan Motif Menonton Tayangan Drama Seri Korea di Televisi dengan Perilaku Berpakaian Remaja
Hubungan Intensitas Penggunaan Game Online, Pengawasan Orang Tua terhadap Anak, dengan Prestasi Belajar Anak
Representasi Persahabatan dalam Film 5 cm
Analisis Framing Kasus Suap Kuota Impor Daging Sapi Di Partai KeadilanSejahtera (PKS) Dalam Koran Tempo