Komunikasi Pemasaran Program Berita Feature “Di Balik Nama” Di Cakra Semarang TV (Marketing Communication Officer)

Published: 29 Sep 2015.
View
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Statistics: 28 58
Abstract

Program TV “Di Balik Nama” adalah sebuah program tayangan baru di stasiun televisi
lokal Cakra Semarang TV. Tingkat pengetahuan (Brand Knowledge) masyarakat tentang
program TV “Di Balik Nama” jelas masih nol. Dalam kondisi ini, fakta mennjukkan bahwa
presentase share televisi lokal hanya 3% dibanding dengan televisi nasional. Ditambah
dengan angka 1% untuk presentase share televisi lokal yang ada di Semarang. Hal ini
menandakan rendahnya jumlah penonton televisi lokal di Semarang.
Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memasarkan program TV “Di Balik Nama”
di Semarang dengan cara yang lebih kreatif dan inovatif. Menggunakan kombinasi pull
dan push strategy, juga dengan pemilihan penggunaan bauran alat komunikasi beserta
media baru dan konvensional untuk sasaran target audience yang berbeda, akan lebih
mendekatkan program TV ini kepada masyarakatnya (local community).
Hasil kegiatan komunikasi pemasaran terpadu ini menunjukkan keberhasilan
membangun awareness masyarakat Semarang terhadap program TV “Di Balik Nama”.
Hal ini bisa dijadikan pijakan untuk menyusun langkah pemasaran berikutnya dalam
peraihan penonton. Keberhasilan lain juga ditandai dengan suksesnya strategi partnership
dengan terciptanya kerjasama dengan berbagai pihak untuk mendukung proses produksi
maupun kegiatan pemasaran.
Dengan membentuk identitas yang kuat dengan konsep brand focus, pesan yang jelas
dan strategi yang inovatif, juga mengkoordinasikan alat komunikasi menjadi kunci
keberhasilan pencapaian goals. Kegiatan komunikasi pemasaran ini, beserta
pencapaianya diharapkan dapat menjadi contoh perancangan, hingga pengaplikasian
kegiatan komunikasi pemasaran pada sebuah program televisi lokal lainya.

Keywords: Penonton televisi lokal, Strategi inovatif, Komunikasi pemasaran terpadu, Awareness

Article Metrics: