Produksi Program Acara Berita Feature “Di Balik Nama” di Cakra Semarang TV ( Camera Person )

Received: 22 Sep 2015; Published: 23 Sep 2015.
View
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Statistics: 81 202
Abstract

Televisi memiliki peran penting dalam menyampaikan informasi sekaligus menghibur bagi masyarakat. Dari beberapa stasiun TV lokal yang ada di Semarang, belum ada tayangan news feature bertemakan sejarah lokal yang pembahasannya berangkat dari sebuah nama.
“Di Balik Nama” sebagai sebuah program news feature hadir sebagai alternatif tayangan yang mengangkat tema tentang sejarah dibalik nama-nama kawasan atau tempat, kuliner, dan tradisi yang ada di kota Semarang dan sekitarnya.
Pada program “Di Balik Nama”, produser bertugas untuk menentukan tema, membuat rencana kerja, membuat anggaran produksi, hingga membuat agenda wawancara kepada narasumber. Program director bertugas untuk menentukan packaging program acara, membuat shotlist liputan, hingga pengarahan liputan di lapangan. Camera person bertugas untuk mengambil gambar atau melakukan liputan lapangan. Sedangkan editor bertugas melakukan penyuntingan gambar dan grafis hingga program acara siap untuk ditayangkan.
Setelah melalui tahapan praproduksi, proses produksi, dan pascaproduksi, karya bidang ini ditayangkan di Cakra Semarang TV setiap hari Jumat pukul 19.00 WIB mulai tanggal 17 April sampai dengan 24 Juli 2015. Melalui tayangan ini diharapkan masyarakat mendapatkan tayangan yang informatif mengenai sejarah lokal dari nama-nama kawasan atau tempat, kuliner, dan tradisi yang ada di kota Semarang dan sekitarnya.

Keywords: news feature, jurnalistik, sejarah, Semarang, produser, program director, camera person, editor

Article Metrics: