skip to main content

Pengaruh Terpaan Iklan Situs Jual Beli Online dan Faktor Demografi terhadap Minat Bertransaksi Online


Citation Format:
Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terpaan iklan
situs jual beli online terhadap minat bertransaksi online. Selain itu, penelitian
ini juga bertujuan untuk menguji faktor demografi yang memediasi terpaan
iklan situs jual beli online dan minat bertransaksi online.
Penulis menggunakan Teori Respon Kognitif dan Teori Kategori
Sosial untuk menjelaskan pengaruh terpaan iklan situs jual beli online dan
faktor demografi terhadap minat bertransaksi online. Populasi penelitian ini
adalah khalayak yang pernah melihat iklan situs jual beli online dan sampel
yang diambil sebanyak 100 orang, dengan teknik purposive sampling.
Dalam uji hipotesis, penulis menggunakan Analisis Regresi Hirarki
Berganda. Uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi variabel terpaan iklan
terhadap variabel minat bertransaksi online adalah 0.000, sehingga terdapat
pengaruh langsung terpaan iklan terhadap minat bertransaksi. Sedangkan
nilai signifikansi variabel terpaan iklan terhadap minat bertransaksi online
melalui variabel usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan adalah
0.296;0.234;0.131 nilai signifikansi > 0.05 sedangkan variabel terpaan iklan
terhadap variabel minat bertransaksi melalui tingkat pendapatan sebesar
0.001, nilai signifikansi < 0.05, sehingga terpaan iklan berpengaruh terhadap
minat bertransaksi hanya melalui tingkat pendapatan.

Fulltext View|Download
Keywords: terpaan iklan; faktor demografi; minat bertransaksi online

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.